agen303 macaubet situsslot777 slot gacor

Poltekkes Semarang Gelar Pelatihan Pemberdayaan Kader

Kendal,koranborgol.com – Poltekkes Semarang mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat bertempat di Balai Desa Sumberejo Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal pada Sabtu (17/06).

KENDAL, Poltekkes Semarang pada Sabtu, 17 Juni 2023 mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat bertempat di Balai Desa Sumberejo Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal.

Menurut Ketua Tim yang juga pemateri Budi Astyandini,SSIT M.Kes kegiatan ini merupakan Kolaborasi Pelayanan primer kesehatan melalui tridarma perguruan Tinggi diantaranya, Pilar 1 : Komitmen Kemenkes : transformasi sitem kesehatan, transformasi layanan primer : edukasi penduduk kampanye skrining penyakit.

“Semua orang memiliki akses yang mudah ke layanan primer seperti imunisasi, konsultasi dokter umum, pemeriksaan kesehatan, dan edukasi masyarakat mengenai pola hidup sehat, dengan mendukung peran kader sebagi aktivis kesehatan di komunitas lingkungannya.

Peran kader sangat penting untuk memahami tanda bahaya ibu hamil.memberikan edukasi kepada masyarakat luas sehingga angka kematian ibu ( AKI) dapat diturunkan,” kata pemateri Budi Astyandini,SSIT M.Kes .

Dalam sambutan Bidan desa Sumberejo Kaliwungu Darmastutik,STr.Keb sangat mengapresiasi atas program pengabdian masyarakat dari Poltekkes Semarang yang sangat membantu tugas pembinaan dan pelayanan kesehatan di wilayah Puskesmas Kaliwungu.

Upaya pencegahan Angka kematian Ibu perlu di dukung karena kabupaten Kendal sampai saat ini masih memiliki tugas untuk terus menurunkan angka kematian ibu yang tergolong tinggi, yaitu ; kematian ibu pada masa kehamilan,persalianan, nifas yang disebabkan karena proses reproduksi bukan karena kecelakaan atau hal lain.

Lebih lanjut Ketua tim Budi Astyandini,SSIT M.Kes mengatakan bahwa Kegiatan pengabdian masayarakat merupakan bagian tri daram perguruan tinggi pada pilar pengandian masyarakat yang merupakan implementasi hasil penelitian dan menjadi bagian materi untuk memberikan pembelajaran berbasis bukti.

Seluruh kegiatan pengabdian masyarakat ini di dukung dana penuh dari Poltekkes Kemenkes Semarang dengan topik kegiatan Pemberdayaan masyarakat dalam upaya penuruanan AKI Melalu DERLI TBH ( Kader Peduli Tanda bahaya ibu hamil) pada kader Kesehatan di desa Sumberrejo Kaliwungu Kabupaten Kendal.

Kegiatan dimulai bulan Juni sampai September 2023 yang dilaksanakan oleh tim pengabdian masyarakat dan 20 kader kesehatan di desa sumberejo kaliwungu.

Rangkaian kegiatan diantaranya : sambutan bidan desa, laporan kegiatan ketua tim pengabdian masyarakat, sambutan kepala desa sumberejo, pre test peserta, materi tentang transformasi kesehatan. tanda bahaya ibu hamil, pendampingan dan latihan edukasi oleh kader kepada sasaran ( simulasi pesaerta di bagi 4 kelompok ) selanjutnya masing masing maju untuk mencoba praktik. berikutnya kader akan melakukan edukasi pada sasaran : calon ibu hamil ( remaja, calon pengantin) ibu hamil, akseptor, calon eyang yang ada di sekitarnya selama 3 bulan melalui kegiatan yang ada di sekitar tempat tinggal menggunakan media leaflet dan video yang disiapkan oleh tim pengabdian masyarakat.

Untuk monitoring dan evaluasi akan di lakukan pada bulan september 2023 guna mengetahui peningkatan pengetahun, efektifitas tim derli TBH , laporan kegiatan dan manfaat bagi masyarakat.

Kepala Desa Sumberejo yang di wakili Ketua Tim Penggerak PKK mengucapkan terima kasih kepada Tim Poltekkes Semarang yang mengadakan Kegiatan Pemberdayaan dan pelatihan ini dan di harapkan bisa bermanfaat bagi peningkatan kesehatan dan keselamatan masyarakat di desanya khususnya ibu hamil.

Berikut Tim pengabdian masyarakat dari Poltekkes Semarang Yang terdiri dari Dosen :

Budi Astyandini,SSiT,M.Kes
Mimi Ruspita SSiT.M.Kes
Titik Sapartinah,SSiT.M.Kes
Arief Azhari lyas.SST.MKM
Mahasiswa Kebidanan :
Rima febriyebi
Syarifa anindi Rafika
Dian widyastuti

(Isti)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial