Gelar Posko OPOR Bu Bidan, IBI Ibu Hamil Perlu Air Mineral Berkualitas dan Bebas BPA

Kendal,koranborgol com – Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ikatan Bidan Indonesia (IBI) cabang kendal dalam lebaran tahun 2024 telah menurunkan tim bidan untuk ikut berpartisipasi di pos PAM lebaran.

Pos PAM lebaran berlangsung dari 7 April hingga 15 April 2024, tim Ibi melayani kesehatan khususnya bagi pemudik di Posko exit tol Weleri, Posko Boja, Posko exit tol Kaliwungu dan Posko Cepiring.

Kegiatan ini dimulai dari jam 08.00 hingga 11.00 wib antara lain, melakukan pemeriksaan TTV, pemeriksaan tanda-tanda bahaya pada ibu hamil, edukasi kebutuhan air minum pada ibu hamil, anak serta penyediaan air minum pada posko, dan edukasi pengelolaan limbah pada penggunaan diapes dan pembalut wanita serta edukasi KB.

Ketua IBI Cabang Kendal, Mursianah S.ST menyampaikan, bahwa organisasi profesi bidan dan organisasi sosial masyarakat dalam lebaran tahun 2024 ini telah berpartisipasi dalam pelayanan kesehatan kepada pemudik di posko lebaran yang tersebar di wilayah kab kendal

Hal ini dilakukan, dikatakan dalam rangka mendekatkan pelayanan bidan kepada masyarakat dan mendukung pemenuhan kebutuhan jasa layanan kesehatan ibu dan anak selama pekan mudik lebaran tahun 2024.

Selanjutnya disampaikan, kegiatan ini bertujuan menghadirkan layanan bidan dalam bentuk kolaborasi pelayanan bersama posko mudik di beberapa titik pusat arus mudik di Indonesia.

“Posko mudik tahun ini bertemakan, Peran bidan dalam memenuhi kebutuhan layanan kesehatan esensial perempuan yang dikemas dalam tema, Posko Opor Bu Bidan,” pungkasnya.
edukasi dan layanan kesehatan kepada pemudik seperti layanan pemeriksaan GTP, tekanan darah, ibu hamil yang dalam perjalanan mengalami kendala, gangguan reproduksi, dan edukasi pada ibu hamil dan menstruasi pada wanita.

Harapannya, kedepan IBI tetap eksis dan jaya didalam perjalanan organisasinya khususnya dalam HUT IBI yang jatuh pada 5 Mei 2024 tingkat dunia dan HUT IBI pada 24 Juni 2024.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelayanan dan meringankan pemudik dan arus balik semoga lancar tidak ada kendala dalam perjalanannya,” tuturnya.

Juga dikatakan, kegiatan ini berlangsung empat hari, dari arus mudik hingga arus balik, yakni dari tanggal 8 dan 9 April 2024 untuk arus mudik. Dan arus balik, dari tanggal 14 – 15 April 2024.

Ditambahkan, Budi Astyandini sebagai fasilitator nasional program roods anti perundungan yang bekerjasama dengan pusat pendidikan karakter puspeka, berkolaborasi dengan IBI untuk mengedukasi tentang pencegahan bulying pada remaja putri saat menstruasi yang benar itu tidak menjijikkan bagi remaja dan sesuatu hal yang normal. Hal ini perlu diketahui kepada para orang tua yang memiliki anak perempuan saat usia remaja.

Juga terkait dengan edukasi perundungan untuk mengantisipasi tindakan-tindakan yang mengakibatkan anak trauma secara psichis.(Isti)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Di Temukan Mayat Wanita Tanpa Identitas Di Parit Persawahan Barat Jembatan Timbang Gubug
Next post Tradisi Syawalan dan Destinasi Pariwisata Religi di Boja
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial