agen303 macaubet situsslot777 slot gacor

Salurkan Bantuan Provinsi di Kendal, Ini Pesan Gubernur Jawa Tengah

KENDAL,koranborgol.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berpesan kepada para penerima bantuan dari pemerintah provinsi untuk benar-benar memanfaatkan bantuan dengan sebaik-baiknya. Yakni untuk meningkatkan perekonomian dan juga program-program yang ada di desa/kelurahan.

Hal tersebut ia sampaikan kepada belasan perwakilan penerima bantuan dari Provinsi Jawa Tengah yaitu beberapa OPD di lingkungan Pemkab Kendal, yang dilaksanakan di Balai Desa Sidorejo, Kecamatan Brangsong, Kendal, Kamis (8/6/2023).

“Saya pesan kepada penerima bantuan untuk segera dieksekusi, apalagi ini sudah di bulan Juni. Artinya kita harus melakukan percepatan-percepatan. Saya kemarin juga sudah konsolidasi dengan teman-teman kades, minimal untuk dana yang sudah masuk ke desa untuk segera dieksekusi,” pesan Ganjar.

“Maka kalau hari ini bapak ibu ada bantuan yang sudah diterima, mungkin sudah beberapa dikerjakan, saya minta tolong untuk dilakukan percepatan, itu saja pesan saya,” tandasnya.

Kemudian, lanjut Ganjar, dalam percepatan program pembangunan harus memperhatikan dan menjaga kualitas.

“Jangan sampai ada laporan dari warga, pak ini jalan kok dikruwes saja mudah remuk. Nah itu saya nderek titip, dijaga jangan sampai terjadi. Sehingga semua ikut melakukan pengawasan-pengawasan,” lanjutnya.

“Makanya jangan tersinggung, tadi sempat ada saya tanya, dapat bantuan apa pak, dia jawab sapi pak, kemudian saya bilang ojo didol lho (jangan dijual ya),” imbuh Ganjar.

Karena, lanjutnya, dirinya mengaku pernah memeriksa bantuan di salah satu kabupaten, bantuan yang disalurkan kepada para petaninya berbeda. Ganjar menduga ada indikasi-indikasi yang tidak beres.

“Jadi bapak ibu, kejujuran penting, integritas penting, dan tidak korupsi itu nilai yang sangat penting nggih. Saya titip, sehingga seluruh bantuan yang kita berikan, nanti akan betul-betul bermanfaat untuk masyarakat,” jelas Ganjar.

“Disamping tentu, pemkab punya anggaran sendiri, desa punya anggaran sendiri, jenengan punya program sendiri. Nah sekarang kita saling melengkapi, sehingga semua berjalan,” imbuhnya.

Sementara kepada penerima bantuan non-fisik, seperti pelatihan dan pengembangan usaha, Ganjar berpesan supaya bisa melaporkan kepada pihaknya.

“Jadi progres yang sudah dijalankan, meliputi proses bisnisnya sampai sudah benar atau belum, dan hasilnya seperti apa itu dilaporkan kepada kami, untuk kita lakukan evaluasi bersama,” pesannya lagi.

Beberapa bantuan dari Pemerintah Provinsi untuk SKPD di lingkungan Pemkab Kendal, diantaranya diberikan kepada Biro Adm Bangda sebesar Rp 13,3 miliar, Dispermasdes sebesar Rp 64,6 miliar, Disperkim sebesar Rp 18,5 miliar, Disporapar Rp 800 juta, Dinas Sosial Rp 3,2 miliar, Biro Kesra untuk masjid Rp 580 juta, DLH sebesar Rp 183,4 juta, DPP untuk peternakan sebesar Rp 352,5 juta, Kesbangpol Rp 900 juta, sambungan listrik untuk 105 warga kurang mampu di Ringinarum total sebesar Rp 94,5 juta dan hibah kepada IKADI sebesar Rp 100 juta.

Dalam acara tersebut hadir Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, Kepala Disporapar Kendal, Achmad Ircham Chalid, Kepala Dispermasdes, Yanuar Fatoni, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Pandu Rapriat Rogojati, Kepala Pelaksana Harian BPBD, Sigit Sulistyo.

Kepala Disporapar Kendal, Achamad Ircham Chalid mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jawa Tengah, atas bantuan yang disalurkan sebesar Rp 800 juta untuk pengembangan delapan desa wisata yang ada di Kendal.

Adapun delapan desa wisata meliputi, Desa Gondang dan Desa Sumberahayu Kecamatan Limbangan, Desa Trayu Kecamatan Singorojo, Desa Getasblawong Kecamatan Pageruyung, Desa Magelung Kecamatan Kaliwungu Selatan, Desa Kalibagor Kecamatan Sukorejo, serta Desa Tlogopayung dan Desa Tirtomulyo Kecamatan Plantungan.

“Semoga dengan bantuan ini, desa wisata bisa berkembang, sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisata di Kabupaten Kendal,” ungkap Ircham.

Selain itu nampak hadir Camat Brangsong Yunan Arif Rahman, beserta jajaran Forkopimcam dan Kepala Desa Sidorejo, Edi Kadarisman dan Kepala Desa Trayu Kecamatan Singorojo, Zaenudi, serta pelaku usaha yang ada di Kendal.

“Terima kasih atas kunjungan bapak Ganjar Pranowo di desa kami. Semoga dengan kunjungan dan bantuan yang disalurkan untuk berbagai kegiatan dapat membawa manfaat dalam pembangunan desa,” ujar Edi Kadarisman. (HS-06).

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo didampingi Bupati Kendal, Dico M Ganinduto menyerahkan bantuan provinsi, di Balai Desa Sidorejo Kecamatan Brangsong, Kendal, Kamis (8/6/2023).

(Isti)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial