Hadiri Kenal Pamit Dandim, Bupati Pati Haryanto Umumkan Level Terbaru PPKM Pati

image

Pati,Koranborgol.com - Bertempat di Pendopo Kabupaten Pati, Selasa (22/3/2022), digelar acara Kenal Pamit Komandan Kodim (Dandim) 0718/ Pati. 

Letkol Czi Adi Ilham Zamani yang sebelumnya menjabat sebagai Dandim 0718/Pati sejak akhir tahun 2019 sampai dengan Maret 2022, kini pindah tugas sebagai Wakazidam XVIII/Kasuari. Sedangkan pejabat baru yang menggantikan ialah Letkol Inf Catur Irawan. 

Bupati Pati Haryanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa pihaknya sebagai partner yang sudah berteman baik lebih dari dua tahun, lalu kini ditinggal pindah tugas, memang merupakan hal yang berat. Terlebih, lanjut Haryanto, di awal tugasnya sebagai Dandim Pati, Adi Ilham Zamani disibukkan dengan penanganan pandemi Covid - 19. 

"Di bulan Maret itu ada kejadian luar biasa terkait wabah corona, situasi mencekam. Sejak saat itu kita disibukkan dengan penanganan Covid - 19 dan merasa was - was terhadap berbagai kegiatan yang ada. Bahkan sampai sekarang Covid - 19 semakin berkembang. Meski di akhir 2020 sempat melandai, namun 2021 kembali melonjak dan mengakibatkan banyak korban", jelasnya. 

Bupati pun mengakui bahwa penanganan Covid - 19 tak lepas dari kerjasama semua pihak mulai dari pemerintah daerah, Dandim 0718/Pati, Kapolres Pati dan semua yang terlibat. Selain itu juga karena intensnya melaksanakan operasi yustisi setiap malam yang diiringi dengan menyalurkan bantuan bagi warga terdampak pandemi. 

"Sejauh ini situasi sudah mereda. Dan kemarin kita baru saja menerima surat edaran dari Mendagri yang mana sebelumnya kita PPKM level 3 berubah status menjadi PPKM level 2. Namun kemarin waktu level 3 sudah seperti level 2 atau level 1 karena sudah banyak aktivitas masyarakat", jelasnya. 

Bupati pun menyebut bahwa banyak kontribusi yang diberikan pejabat lama Kodim 0718/Pati. Tak hanya dalam penanganan Covid - 19 melainkan juga terkait kebijakan pemerintah daerah yang lain. 

"Oleh karena itu, banyak kenangan yang tak terlupakan selama Pak Adi Ilham menjabat Dandim, utamanya dalam penanganan Covid - 19. Selain itu, hal yang tak terlupakan adalah kontribusi dalam tindak lanjut pembongkaran tempat prostitusi LI di Margorejo mulai dari Dandim, Kapolres, Kajari, Pak Wakil Bupati dan pihak terkait. Sebab itu merupakan satu kegiatan yang cukup besar. Dan sejauh ini tidak menimbulkan persoalan besar di masyarakat", paparnya. 

Tak hanya itu saja, Bupati pun mengapresiasi kontribusi Kodim 0718/Pati yang tak terhalang oleh pandemi Covid - 19 yaitu program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD). 

Bupati menilai, dari tahun ke tahun, program TMMD selalu memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. 

Didampingi Ny. Iing Adi Ilham Zamani, pejabat lama Dandim Pati Letkol Czi Adi Ilham Zamani mohon diri serta mohon doa restu seiring dengan berakhirnya jabatannya sebagai Dandim Pati. 

'Saya mohon diri karena tugas saya sebagai Dandim Pati sudah berakhir, dan saya mohon doa restu untuk jabatan baru saya sebagai Wakazidam XVIII/Kasuari," ujar Letkol Adi Ilham. 

Sementara itu pejabat baru Dandim 0718/Pati, Letkol Inf Catur Irawan mengatakan bahwa ia akan melanjutkan program-program yang telah dilaksanakan semasa kepemimpinan pejabat lama. 

"Saya akan melanjutkan program-program Dandim yang lama untuk memajukan serta memberikan pengabdian kepada masyarakat di Kabupaten Pati melalui Kodim 0718/Pati," tegasnya. 

Pihaknya pun memohon doa serta dukungan dari seluruh anggota Kodim Pati agar tugasnya sebagai Dandim Pati dapat berjalan dengan lancar. 

Dalam kesempatan tersebut, pejabat lama Kodim 0718/Pati Letkol Czi Adi Ilham Zamani menerima sejumlah kenang - kenangan dari Bupati Pati, Wakil Bupati Pati, Kapolres Pati, Kajari Pati dan beberapa pihak yang hadir dalam acara kenal pamit tersebut. (HMS/EKO)

Wed, 23 Mar 2022 @21:29