Tingkatkan Herdimmunity , Kapolda Jateng : Polri Siap Dukung Vaksinasi Anak

image

SEMARANG ,koranborgol com - Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi meninjau dimulainya vaksinasi khusus anak usia 6 - 12 tahun yang dilaksanakan di RS Bhayangkara Prof Awaludin Jamin, Semarang, Kamis (16/12) siang. 

Gelar vaksinasi yang juga dilaksanakan serentak seluruh Polres di Jateng itu terbuka untuk seluruh lapisan masyarakat. Adapun jenis vaksin yang diberikan dalam kegiatan tersebut adalah Sinovac. 

Saat memberikan keterangan setelah melaksanakan video conference dengan Kapolri, Kapolda menegaskan target yang ingin dicapai adalah 1000 dosis dalam sehari. 

Dijelaskan, pemberian vaksin untuk anak sama seperti dewasa yaitu dilakukan sebanyak 2 kali. Jarak pemberian vaksinasi kedua adalah 28 hari setelah menerima vaksin pertama. 

Kapolda juga mengungkapkan capaian vaksin di Jateng cukup menggembirakan. Khusus aglomerasi Semarang dan Soloraya, vaksinasi melampaui seratus persen. 

"Adapun capaian Provinsi Jawa Tengah juga melampaui capaian (target) vaksin nasional. Kalau vaksin nasional 70 persen, kita 74,27 (persen)," ungkap Ahmad Luthfi pada keterangan pers di lokasi. 

Walaupun telah tercapai target vaksinasi nasional, Kapolda Jateng tetap menghimbau kepada masyarakat dengan sadar diri agar selalu mematuhi protokol kesehatan. Dengan kesadaran bersama tersebut diharapkan dapat menghindarkan Provinsi Jawa Tengah dari Covid 19. 

Terkait ancaman penyebaran varian baru Omnicron di Provinsi Jawa Tengah,  Kapolda menambahkan telah mewaspadai hal tersebut dan melakukan langkah antisipasi dengan memperketat pelaksanaan protokol kesehatan di pintu masuk Provinsi Jawa Tengah. 

"Jadi pintu masuk wilayah kita adalah bandara, pelabuhan dan sebagainya. Bagi mereka yang dari luar negeri, protapnya adalah karantina sesuai edaran Kemenkes dan Pemerintah untuk (melaksanakan) karantina selama 14 hari," pungkasnya. 

Selain pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan melalui berbagai gerai vaksin, Kapolda menegaskan siap melaksanakan vaksinasi secara jemput bola (mobile). Hal tersebut dilakukan di seluruh jajaran melalui polres kota dan kabupaten 

"Kita juga siap mendukung vaksinasi yang dilaksanakan oleh sekolah. Kita siap dukung melalui vaksinasi mobile. Inti tujuannya adalah memudahkan dan mendekatkan masyarakat dalam memperoleh vaksin," terang Irjen Ahmad Luthfi.**Frin

Fri, 17 Dec 2021 @09:18