Miliki Senpi Rakitan,Tersangka Kasus Pemblokiran Jalan Tambang Sale Terancam Hukuman Seumur Hidup

image

Rembang,koranborgol.com - Seorang warga Desa Tahunan Kecamatan Sale berinisial JW yang telah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus pemblokiran jalan tambang di desa Tahunan Kecamatan Sale Kabupaten Rembang.

Kini terjerat pasal barul lantarankedapatan memiliki senjata api (senpi) rakitan secara illegal.

Senpi tersebut, dimiliki JW untuk alasan agar menimbulkan kepercayaan dirinya.

Atas kepemilikan senjata api tersebut ia terancam hukuman mati, atau seumur hidup. 

“Mungkin digunakan kemana-mana untuk kepercayaan diri. Digunakan dua kali, untuk dicoba, bahwa benar bisa digunakan, dan mengeluarkan peluru,” kata Kapolres Rembang AKBP Dandy Ario Yustiawan dalam konferensi pers di Mapolres Rembang, Senin (25/10/2021). 

Lebih lanjut Dandy mengungkapan Selain JW, dalam kasus tersebut, kepolisian juga meringkus seorang warga Tuban, Jawa Timur berinisial S yang ditengarai sebagai penjual sekaligus perakit senjata api kepada JW. 

“Pasal Persangkaan Pasal 1 ayat (1) Undang — Undang Darurat Republik Indonesia Nomor 12 tahun 1951. Dengan ancaman hukuman mati atau hukuman penjara seumur hidup atau hukuman penjara maksimal dua-puluh tahun,” ungkap Dandy. 

JW sendiri awalnya ditetapkan sebagai tersangka atas kasus pemblokiran jalan di Desa Tahunan Kecamatan Sale. Ia merupakan tangan kanan oknum kepala Desa Tahunan Kecamatan Sale Rembang. 

“JW ini adalah orang kepercayaan atau bisa dikatakan pengawal dari kepala desa ini, yg melakukan pemblokadean jalan dgn menggunakan 84 truk,” papar Dandy. 

Oknum Kades itu sendiri sebelumnya telah ditetapkan sebagai tersangka tambang ilegal. 

“Kita lakukan penyidikan. Kita mendapatkan info bahwa saudara JW ini mempunyai senjata api. Kita lakukan penyelidikan, benar, kita dapatkan pada tanggal 22 Oktober 2021 kita temukan senjata api ini dikuasai oleh JW,” katanya.(HMY)

Tue, 26 Oct 2021 @05:38