DPW KAMIJO Berasama Bupati Tanjabbarat Bahas Program Kerja Ketahanan Pangan dan Perhutanan Sosial Kementrian KLH 2022.

image

Tanjabbarat,koranborgol.con - Ketahanan pangan melalui strategi multidimensi harus dilakukan guna menghadapi dampak perubahan iklim dan rentannya Indonesia terhadap bencana alam. Salah satu cara dengan memaksimalkan perhutanan sosial.

Perhutanan sosial merupakan sistem pengelolaan hutan lestari yang dilaksanakan dalam kawasan hutan negara atau hutan hak/hutan adat. Pelaksananya adalah masyarakat setempat. 

Prioritas perhutanan sosial adalah pemulihan dan peningkatan fungsi (ekologi) hutan. Kepentingan produksi pangan (sosial-ekonomi) jangan sampai mengalahkan tujuan peningkatan fungsi (ekologi) hutan. 

Dalam Program ini DPW KAMIJO bersama Bupati Tanjung Jabung Barat Lakukan Pembahasan Program kerja ketahan pangan dan Program kerja Perhutanan Sosial Kementrian KLH 2022 .(13.30 wib) 15/9/2020. 

Adanya pembahasan ini Bupati tanjabbarat sangat mendukung dengan program Pemanfaatan perhutanan sosial ini."Kami bersama Pemda Stempat sangat mendukung penuh dengan adanya program ini."tuturnya 

Indonesia rentan terhadap bencana alam dan dampak perubahan iklim. Ketua DPW KAMIJO, Kamarrudin menegaskan,ancaman tersebut perlu diantisipasi dengan menegakkan ketahanan pangan melalui strategi multidimensi. Salah satu cara, memaksimalkan program perhutanan sosial. 

Perhutanan sosial merupakan sistem pengelolaan hutan lestari yang dilaksanakan dalam kawasan hutan negara atau hutan hak/hutan adat. Pelaksananya masyarakat setempat dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan, keseimbangan lingkungan, dan dinamika sosial budaya. 

Kamarrudin juga menegaskan, hutan sangat berkontribusi mendukung ketahanan pangan, dengan cara memproduksi sumber pangan. Pemanfaatannya bisa dilakukan pada hutan produksi, zona pemanfaatan taman nasional, atau hutan lindung.

."Masyarakat Tanjabbarat harus mampu memanfaatkan program perhutanan sosial dengan mengembangkan komoditas pangan, obat-obatan berkualitas, serta energi sehingga kebutuhan pangan Daerah cukup terpenuhi,” terang Kamarrudin.**(Adi)

Wed, 15 Sep 2021 @14:59