Kombes Pol Dr.dr.Sumy Hastry: Biddokkes Polda Jateng Terus Lakukan Rapid Antigen dan Vaksinasi

image

SEMARANG ,koranborgol.com - Pemeriksaan Rapid Antigen dan vaksinasi, serta himbauan terus gencar dilakukan oleh jajaran Biddokes Polda Jateng, kepada masyarakat Jawa Tengah, agar dapat memiliki imun tubuh yang kuat.

Menurut Kabiddokkes Polda Jateng, Kombes Pol Dr.dr.Sumy Hastry Purwanti,Sp.F.,D.F.M, pemeriksaan Rapid Antigen harus dilakukan oleh Fasilitas Kesehatan yang telah mendapat ijin dan supervisi dari Dinas Kesehatan setempat.

"Mengapa, karena ada banyak kaidah yang tidak tertunai, ketika dilakukan oleh yang bukan seharusnya dilakukan," kata Hastry Rabu (25/08/21).

Menurutnya, jika pencatatan dan pelaporan kasus tidak dilakukan, sehingga akan berdampak pada tindak lanjut. Karena memiliki resiko penularan yang tinggi, antar yang di periksa maupun yang memeriksanya.

Selain itu, lanjut Hastry, seperti tindak lanjut kasus positif dan kasus kasus kontak erat, hal tersebut dikarenakan tracing dan treatment, yang tidak dilakukan sebagaimana mestinya. Misalkan penanganan limbah yang tidak sesuai dan seharusnya dilakukan. Jadi, periksakan diri anda ke tempat tempat yang resmi.

Terakhir Kabiddokkes menekankan, memang Indonesia kini menambah strategi pencegahan dari 3M menjadi 5M yakni menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Makna dari gerakan 5M protokol kesehatan adalah sebagai pelengkap aksi 3M yaitu dengan memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi. .**Sefrin

Wed, 25 Aug 2021 @14:17