Kapan Corona Berakhir,? Kapan Masyarakat Patuh 5M,?

image

Kendal,koranborgol.com - Pemerintah Kabupaten Kendal meminta seluruh PPKM Mikro pusat tempat isolasi harus ada. Guna menekan angka Covid - 19 bagi yang positif dan negatif dipisahkan, sebelumnya diperbolehkan isolasi mandiri. Pihaknya meminta masing - masing desa menyiapkan isolasi terpusat dan logistik.

Hal tersebut dikatakan Bupati Dico M Ganinduto saat kroscek PPKM Mikro di desa Bembengan Kecamatan Boja Kendal (27/6/2021).

Bupati Dico, menjelaskan, andaikan pemerintah desa tidak mampu menyediakan logistik disarankan untuk mengajukan di Kecamatan dan bahkan Kabupaten akan membantu ketidakmampuan tersebut, seperti yang pada saat itu pihaknya membantu logistik di Desa Bembengan. Menurut dia, dengan hal seperti itu bisa menekan angka penyebaran tidsk semakin luas.

Ia pun mengungkapkan tempat rumah sakit saat ini di Kendal sudah semakin penuh. Pemerintah Daerah mengambil kebijakan agar kedepan tidak banyak lagi terpapar positif Covid - 19 di daerahnya. Kata Bupati nantinya, dia akan kroscek seluruh desa di Kendal, untuk memastikan isolasi terpusat. Sesuai data yang ia miliki pihaknya mengunjungi dimana angka positif yang tinggi.

"Contohnya sekarang saya mengunjungi Desa Bembengan ini termasuk angkanya cukup tinggi termasuk desa iki sudah siap," sebut Bupati.

Bupati menambahkan, kata dia, sebanyak 10 orang yang di isolasi terpusat di desa Bembengan tersebut. Agar bisa menapung lebih banyak lagi dirinya akan memperbaiki tepat tersebut. Menginggat pasien yang di rawat di rumah sakit Kendal sudah mencapi 100 persen, untuk penanganan kasus Covid 19, dirinya meminta agar rumah sakit di tambah kembali. Namun kapasitas rumah sakit daerah Covid (RSDC) banyak yang kosong.

Bupati, mengungkapkan kedepanya akan menyiapkan strategi integrasi bagi gejala sudah parah akan di rawat di rumah sakit. Apabila keadaan sudah membaik dan sedang akan dipindahkan ke RSD 19. Dan jika masih positif akan di pindahkan lagi ke pusat wisma atlit dan di Sekolah Madrasah Aliyah Kendal, jadi rumah sakit digunakn untuk menanggani yang berat.

"Saya sudah sepakat dengan Dirut rumah sakit bahwa program ini akan di jalankan kedapan, di Kabupaten Kendal," paparnya.

Isolasi terpusat di desa - desa belum ada fasilitas medis aeperti oksigen, namun pengawasan petugas medis dari puskesmas setempat bahwa perawatan sudah sesuai dan penyedian obat - obatan serta dilakukan pengecekan oleh petugas secara berkala, agar cetenya membaik.

Bupati meminta petugas puskesmas memantau keadaanya seperti apa, jika keadaan di isolasi terpusat agar segera dipindah ke RSDC karena fasilitas sudah disiapkan seperti oksigen sehingga bisa menangani gejala senjang. Menginggat Kendal sudah merupakan zona merah semua kecuali daerah Patean kemarin, namun saat ini sudah merah.

"Saat ini kita fokus dalam penanganan dan pencegahan. Karena sebab peningkatan Covid di Kendal, farian baru dan delta, sudah masuk di Kendal dan penyebaranya sanggat cepat sekali karena Kendal dekat Semarang warga mobilitasnya sanggat tinggi sekali, ini yang menjadikan penyebaran, intinya PPKM Mikro didesa harus jalan," jelasnya.**SEF

Tue, 29 Jun 2021 @11:44
Tags: kendal