Bupati Kendal Realisasi Janji Kampanye, Rp.100-300 Juta per Dusun, Massa Kerja 100 Hari

image

Kendal,koranborgol.com - Sesuai dengan pembangunan jangka menengah Tahun 2021- 2026 Visi dan Misi pembangunan lima tahun kedepan, Kendal handal, ungul makmur, dan berkeadilan. 

Hal itu di ungkapkan Bupati Dico M Ganinduto, saat Launching Bantuan Keungan Khusus (BKK) dan santunan kemanusian bagi fakir miskin, di Desa Karang Tengah Kecamatan Kaliwungu Kendal. Senin (7/6/2021) 

Menurut Dico, Sesuai Visi Misi Bupati Kendal untuk meningkatkan publik bagi warga desa guna mempercepat terwujud desa kuat maju, mandiri dan sejahtera. 

Akan diberikan BKK pada pemerintah desa berbasis dusun di Kabupaten Kendal. Di gunakan untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. Tujuan pemberian bantuan keungan khususnya pada pemerintah desa berbasis dusun yakni, 

Pemerataan dan pembangunan desa melauli dusun, meningkatkan peran serta dan kesadaran masyarakat atau lembaga Pemasyarakatan desa yang mendukung proses pembangunan desa. Meningkatkan pemahaman kapasitas masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan perekonomian desa, dan penanggulangan kemiskinan. 

Program dan kegiatan dibiayai dari bantuan keungan khusus pemerintah desa berbasis dusun terdiri dari. 

"Pertama bidang pembangunan program infrastruktur. Dan kedua bidang pembiayaan masyarakat atau program pembangunan sumberdaya manusia. Yang ketiga bidang pembiayaan masyarakat atau perkembangan ekonomi mikro, bantuan keungan khusus pada pemerintah berbasis dusun direncanakan dan diangarkan sesuai permohonan atau proposal, "katanya. 

Dari pemerintah desa dan diberikan sesuai kemampuan keuangan daerah melalui musyawarah desa dan kepala desa menyampaikan proposal kepada Bupati. Melalui camat dengan segala prioritas. 

"Dihadiri seluruh Camat di Kabupaten Kendal, ini perlu saya sampaikan program yang kita launching janji politik Bupati dan Wakil Bupati. Dan kita sudah berkeliling dengan wakil Bupati di 226 desa selama masa kampanye menjadi janji kita, " Jelasnya. 

"Bukan sekedar launching progeramnya namun yang harus bersama - sama kita pastikan bahwa program ini datanganya dari masyarakat sesuai dengan kebutuhan obyektif yang sanaggat terpenting, dan program ini saya mau benar-benar dirasakan masyarakat manfaatnya, "imbuh dia.

Dia, pun menjelaskan, benar-benar menjadiakan satu perubahan agar pembangunan di Kendal itu menjadi pembangunan yang merata, keadial, dan tentunya dengan adanya program tersebut,"ujar dia. 

Kemudian dia, mengungkapkan, Banyak lagi kedepan desa - desa bisa mandiri. Jadi dia, pingin program ini benar-benar dari masyarakat dan jangan sampai dimanfaatkan oleh oknum -oknum tidak menjadi tepat sasaran. 

"Saya sampaikan kepada Camat harus menjalin komunikasi yang baik se luruh Kepala Desa dan seluruh Lurah agar program ini sesuai apa yang kita harapkan dan tidak kita inginkan agar program ini berjalan lancar baik,"ungkap dia. 

Selanjutnya dia, meminta, Dan yang terpenting memberikan manfaat pada orang lain untuk masyarakat Kendal. Pengalokasian bantuan tiap dusun sebanyak Rp 100-300 Juta. Ia juga mengungkapkan, pemerintah Kabupaten Kendal bekerja keras untuk memastikan dan mampu memberikan dana desa berbasis dusun. 

"Sesuai kemampuan kita dan saya berharap akan semaksimal mungkin secara bertahap pelan kita memastikan pembangun ini merata di setiap dusun dan kita akan bekerja maksimal untuk memastikan setiap dusun mendapatkan dana maksimal,"ujar dia. 

Dan dia menjelaskan, hingga saat ini proposal desa yang masuk sebanyak 1794 proposal dari 1665 dusun dan yang lolos verifikasi sejumbelah 1001 proposal. Program tersebut dimulai pada anggaran tahun 2022 sebagai langkah persiapan pada Tahun 2021 dilaksanakan Pilot Project 19 desa masing - masing satu desa di 19 Kecamatan di Kabupaten Kendal. 

Dia, meminta kepada para Camat bahwa pilot Project tersebut menentukan apa saja kekurangan yang ada dari progeram tersebut. 

"Jadi nanti saya minta fit backnya dari seluruh Camat se Kabupaten Kendal pada Bupati dan Wakil Bupati apa saja yang harus dievaluasi agar yang akan kita lakukan pada Tahun 2022 ini bisa dijalankan lebih baik. Dan kita upayakan diangarkan dan alokasikan agar menjadi contoh,"paparnya. 

"InsyaAllah tidak ada eror lagi jadi sudah sesuai apa yang kita harapkan. Program ini yang diberikan pemerintah desa berbasis dusun akan meningkatkan pelayanan publik di desanya khususnya, dan guna terwujudnya kesejahteraan masyarakat desa,"tambah dia. 

Dia, berharap dengan adanya progeram dana desa berbasis dusun tersebut meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui roda perekonomian, karena dibangunya infrastruktur yang merata perdusum berdampak efek perekonima desa. 

Dan juga pengembangan sumber daya manusia untuk diperhatikan dan didorong karena pembangunan di Kendal akan serasikan percepat dan berbanding lurus pararel dengan kesiapan sumberdaya manusianya. 

Dia juga mengajak ekstra keras jangan sampai pembangunanya lancar namun sumber daya manusianya tidak seimbang. Hal tersebut menjadi persoal , dia mengajak untuk sama-sama mencariakan solusi sumberdaya manusia di Kendal bisa mengikuti sesuai perubahan zaman ia, berharap dirinya akan berkolaborasi meningkatkan pembangunan dan seluruh elemen masyarakat untuk mengembangkan sumberdaya manusia. 

"Ini saya pernah menyampaikan saat acara Ormas dan semua elemen masyarakat untuk mengajak berkolaborasi sesuai apa yang sudah direncanakan Pemerintah Kabupaten Kendal," ungkapnya. 

Dan dia mengajak bersama - sama dan bersatu membangun sumberdaya manusia. Kata dia berkeyakinan dalam waktu tidak lama Kendal akan lebih baik lagi. 

Dalam 100 hari kerja janji politik Bupati dan Wakil Bupati akan memberikan santunan sejumbelah Rp 1Juta bagi Fakir miskin yang nantinya diterima ahli waris. (sn)

Tue, 8 Jun 2021 @08:15