Dukung Kemandirian Ekonomi, Sri Aslinda Kunjungi Pengrajin Tenun dan Rotan Kembangkan Kerajinan Daerah

image

Kab.Berau,koranborgol.com - Ketua Dekranasda Kabupaten Berau, Sri Aslinda Gamalis bersama pengurus melakukan kunjungan resmi ke pengrajin yang tersebar dibeberapa kampung diwilayah Kabupaten Berau, Rabu (05/05/21) pagi tadi.

Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka temu silaturrahmi, sekaligus pembinaan, pengembangan dan menggali potensi serta melihat sejauh mana permasalahan yang dihadapi para pengrajin selama ini.

Hari pertama, kunjungan dilakukan di dua kecamatan, yaitu dikampung Tumbit Melayu Kecamatan Sambaliung untuk pengrajian kain tenun, dan Kampung Pandan Sari Kecamatan Segah, sebagai kampung pengrajin tas Rotan dan kain tenun yang diolah kelompok Tenun Ika Kelimutu dan Ika Tenun Maumere.

Sri Aslinda Gamalis dalam sambutannya mengatakan, keberadaan Dekranasda sebagai wadah pembinaan seni kerajinan dapat memberikan kesempatan usaha bagi masyarakat.

Termasuk menyiapkan regenerasi sumberdaya manusia atau perajin yang unggul dalam menggali dan melestarikan warisan tradisi dan budaya daerah kita.

Ia juga menyakini, kerajinan tangan yang ditekuni saat ini dapat memberikan dukungan kemandirian ekonomi masyarakat ditengah masa pandemi.

Sri Aslinda juga akan memberikan dukungan sepenuhnya, dan mengharapkan para pengrajin dapat lebih maksimal dalam mengembangkan kerajinan dengan berbasis kearifan lokal, pengembangan inovasi dan kreatifitas yang dapat menjadi sumber peningkatan kesejahteraan keluarga.

Membingkai kunjungan ini, Ketua Dekranasda Sri Aslinda Gamalis dan Sekretaris Disprindagkop Berau, Endang Iriani, menyerahkan secara simbolis paket sembako kepada para pengrajin Tenun dan Rotan.

Disaksikan Plt Camat Segah, Tri Anggoro, Kakam Tumbit Melayu Maspri dan Kakam Pandan Sari, Ujang Ungau.**HRS/HMS

Fri, 14 May 2021 @19:57
Tags: berau