Cantolan Berkah Itu Menambah Guyub Warga RW II Sambirejo Saat Pandemi

image

Semarang,koranborgol.com - Sejak datangnya wabah virus Corona atau Covid-19 pada pertengahan Mei 2020 ke Indonesia membuat dampak yang begitu besar di semua sektor.Hampir di semua wilayah tak ada satupun lini usaha masyarakat yang bisa menghindar dari serbuan virus yang di duga berasal dari Wuhan Cina.

Berbagai upaya penceghan dan antisipasi dikeluarkan pemerintah untuk membendung serbuan virus Covid-19. RW II Kelurahan Sambirejo Kecamatan Gayamsari Kota Semarang merupakan salah satu wilayah yang mencoba bertahan dari dampak Covid-19 dengan terus mengupgrade program pertahanan dari serbuan virus Covid-19.

Mulai dari penyemprotan disinfektan ke semua sudut kampung, menyiapkan peralatan cuci tangan diluar rumah untuk warganya serta sebuah anjuran program jogo tonggo yang dicanangkan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melalu. Instruksi Gubernur Nomor 1 Tahun 2020 juga dilakukan.

Untuk melaksanakan program tersebut Suparno ketua RW II bersama staff dan ketua RT diwilayahnya akhirnya membuat sistem lumbung pangan dan program cantolan Jum’at berkah.

Menurut Suparno “Cantolan Jum’at Berkah” adalah sebuah program yang dijalankan setiap hari Jumat dengan memberi ruang bagi warga yang ingin berbagi atau menyumbang untuk tetangga lain yang membutuhkan.

“Jadi bagi warga yang punya bahan pokok apapun seperti beras,sayuran,bumbu dapur dan bahan makanan lain akan meletakkan atau mencantolkan sumbangan itu pada sebuah kayu atau pagar yang telah disepakati bersama. Nah, nanti warga lain yang membututuhkan barang tersebut bisa mengambil barang tersebut”, jelas Suparno Jumat pagi (25/12/20).

Suparno menjelaskan, sejak pandemic Covid-19 banyak warga diwilayahnya yang terkena dampak seperti Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), Work From Home hingga usahanya berhenti karena adanya pembatasan kegiatan.

“Dengan adanya lumbung pangan dan cantolan Jum’at berkah ternyata cukup membantu warga kami yang terkena dampak dari pandemi Corona ini.Meski sempat terhenti beberapa minggu karena ada warga kami yang sempat reaktif saat di rapid test program Cantolan Jum’at Berkah ini akan kami lanjutkan kembali,’’pungkasnya.

Lokasi Cantolan Jum’at Berkah sendiri terletak di wilayah RT.04 karena dekat dengan lumbung pangan dan Pos Yandu dan dimulai setiap pagi pukul 08.00 WIB.

Muhari salah satu warga RT.04 RW.II mengaku senang dan sangat terbantu dengan adanya program Cantolan Jumat Berhkah tersebut.

"Bagus sekali programnya cantolan ini, karena bagi warga tidak mampu seperti saya dan kena dampak corona ini sangat membantu, dan semoga bisa terus berjalan karena bisa menumbuhkan rasa kebersamaan diantara tetangga,” ungkap buruh harian lepas ini.

Sementara itu, Lurah Sambirejo Akbar Ali Nurdin,SH saat dihubungi melalui sambungan telpon mengaku sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh RW II diwilayahnya dan ini sesuai dengan program Jogo Tonggo yang di anjurkan oleh Pemerintah Jawa Tengah.

“Sangat bagus program Cantolan Jum’at Berkah, dan saya berharap wilayah RW lainnya bisa mencohtoh program itu untuk menguatkan warga dalam bersama-sama menghadapi pandemi Covid-19 ini”, pungkasnya.**Frin

Fri, 25 Dec 2020 @11:06
Tags: pandemi