Cegah Penyebaran Covid-19, Pemkot Semarang Larang Perayaan Tahun Baru

image

Semarang,koranborgol.com - Masih tingginya angka penyebaran Covid-19 di Kota Semarang, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi meminta masyarakat tak menggelar pesta perayaan Tahun Baru 2021.Apalagi sampai ada pesta kembang api. Artinya, tidak ada kegiatan yang bersifat mengundang kerumunan massa dalam masa pandemi ini.

Namun, Hendrar Prihadi memberi sinyal jika sekedar aktivitas ekonomi tetap diperbolehkan selama menaati peraturan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) Kota Semarang.

“Tempat wisata, hotel, restoran, semua masih bisa buka untuk beraktivitas seperti biasa. Hanya saja tidak boleh membuat kegiatan keramaian yang terkait perayaan tahun baru. Selama buka sampai pukul 23.00 WIB silakan,” kata Hendi Kamis (17/12/2020).

Tentunya untuk aktivitas ekonomi tetap berjalan seperti hari biasa. “Kami memperbolehkan aktivitas warga untuk mencari rezeki dan mempekerjakan warga Kota Semarang. Rencana dari awal memang tidak ada kegiatan perayaaan Tahun Baru 2021,” katanya.

Terkait Perayaan Natal, Hendi menegaskan bagi warga Kota Semarang yang merayakan Natal dipersilakan. “Misa Natal diperbolehkan selama Standar Operasional Prosedur (SOP) Kesehatan diterapkan. Jumlah jamaah, social distancing, memakai masker dan seterusnya. Itu harus menjadi sebuah catatan utama,” tambahnya.

Menurutnya, aturan PKM Kota Semarang dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini terbilang lentur dibanding aturan kota lain yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Ini kan masih enak, masih boleh berkegiatan. Coba dibandingkan dengan aturan di daerah lain, misalnya PSBB, maka apa yang dilakukan hari ini tolong dihargai untuk saling menjaga supaya semua berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Pada prinsipnya, lanjut Hendi, masyarakat Kota Semarang dipersilakan berkegiatan apapun selama menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Boleh berkegiatan, tetapi tidak boleh menggelar pesta perayaan tahun baru yang mengakibatkan keramaian. Restoran tidak usahlah menggelar kegiatan peringatan tahun baru. Kembang api tidak usah lah,” pungkasnya. **Frin

Thu, 17 Dec 2020 @21:48