Imigrasi Semarang Tetap Lakukan Pengawasan Terhadap Orang Asing Meski Pandemi

image

SEMARANG ,koranborgol.com – Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang terus melakukan pengawasan terhadap orang asing meski di tengah pandemi Covid-19 . Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Semarang Doni Alfisyahrin menjelaskan, di samping pelayanan keimigrasian, upaya pengawasan tetap dioptimalkan.

“Kita pantau terus dan kami akan menindak tegas orang asing yang terbukti melakukan pelanggaran, baik bersifat administratif maupun pidana,” katanya, Selasa (15/12/2020).

Menurut Doni, langkah tersebut sebagai wujud pelaksanaan tugas dan fungsi Keimigrasian di bidang penegakan hukum.

Sebelumnya, Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian (Inteldakim) Alvian Bayu Indra Yudha menyoroti kegiatan investasi yang dilakukan warga asing.

Ia menilai, tumbuh kembangnya investasi yang ada saat ini didominasi penanaman modal asing. Sehingga, sebagai instansi pemerintah yang ikut bertanggung jawab atas kegiatan orang asing, pihaknya ingin memastikan investasi tersebut berjalan lancar, sesuai aturan yang ada.

Alvian mencontohkan dengan kasus pendeportasian warga asing asal India bernama Praveen Sharma dan Rabi Shangkar Malik. Keduanya melanggar ketentuan karena tidak melaporkan data perpindahan tempat tinggal.

Berdasarkan izin, mereka harusnya tinggal di daerah Jakarta, tetapi justru pindah ke Semarang. Setelah diusut, ternyata melakukan kegiatan usaha di wilayah kerja Kantor Imigrasi Semarang.

“Yang bersangkutan bisnis di sini. Sehingga, ketika tidak melaporkan status keimigrasiannya, negara akan merugi. Misal harusnya ada pajak daerah yang bisa dipungut dari kegiatan mereka, tapi ternyata tidak bisa,” pungkasnya.**frin

Tue, 15 Dec 2020 @18:42