900 personil TNI SATGAS PAMTAS RI - PNG Yonislf Raider 516 / Cakra Yudha dan Yonif 125/ SAMBISA tiba di Dermaga Yos Sudarso

image

koranborgol.com - Penerimaan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 516/Caraka Yudha dan Yonif 125/Simbisa tiba di pelabuhan Yosudarso guna mengantikan SATGAS PAMTAS  Sebelumnya yang telah berakhir masa tugasnya di kab Merauke  dan boven digoel, selanjutnya di gelar upacara penerimaan Bertempat pelabuhan Yos Sudarso Merauke (Papua) Jumat ( 12/06) 2020.

Bertindak sebagai Irup Bupati Kabupaten Merauke Frederikus Gebze dengan Danup Dansatgas Yonif Raider 516/CY Letkol Inf Muhammad Radhi Rusin.

Dalam amanatnya Bupati Kabupaten Merauke Fredy Gebze mengucapkan selamat datang di Merauke kepada Satgas Yonif Mekanik 516/Caraka Yodha dan Yonif 125/'Simbisa.

Fredy Gebze juga menyampaikan beberapa penekanan dari Pangdam XVII/CenderawasiBahwa perbatasan merupakan garis terdepan yang memiliki nilai stategis.

 "perbatasan merupakan garis terdepan yang memiliki nilai strategis terhadap aspek pertahanan dan keamanan serta kedaulatan suatu negara. Sesuai dengan undang – undang RI nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, bahwa wilayah perbatasan memiliki kerawanan yang harus diwaspadai dari berbagai ancaman, seperti : illegal logging, illegal minning, human trafficking, pelintas batas, kriminal bersenjata, penyelundupan narkoba, miras dan lain sebagainya" kata freddy.

" Oleh karena itu, kalian harus selalu waspada, laksanakan patroli keamanan maupun patroli pemeriksaan patok batas di sektor tanggungjawab masing-masing serta ciptakan stabilitas keamanan di sepanjang perbatasan" lanjutnya.

Freddy Gebze juga menambahkan Berdasarkan perkembangan situasi saat ini, WHO ( organisasi kesehatan dunia ) Indonesia merupakan salah Satu dari 216 Negara yang mengalami Pandemik Covid-19 dan kondisi Indonesia saat ini telah terdapat 35.295 pasien positif covid-19, terdapat juga orang dalam pemantauan dan pasien dalam pengawasan di beberapa daerah termasuk wilayah Papua. 

"saya tekankan selama penugasan agar memperhatikan protokol kesehatan, menjaga hidup sehat, memelihara kondisi fisik dan daya tahan tubuh. Selain menjalankan tugas sebagai pasukan pengamanan pebatasan, kalian juga harus membantu pemerintah daerah dalam memberikan pemahaman yang benar tentang social distancing serta kebiasaan hidup sehat, sehingga dapat menghentikan penyebaran covid-19 yang semakin meningkat melalui koordinasi dengan aparat Kowil dan pemerintah daerah setempat." ungkapnya.

"Ingat, bahwa kehadiran kalian harus memberi kebaikan bagi masyarakat, bangsa dan negara serta taatilah hukum dan HAM agar kalian terhindar dari segala bentuk pelanggaran. Hal lain, yang tidak kalah pentingnya untuk dipahami adalah, pelajari dan hormati karakter, budaya dan kearifan lokal masyarakat Papua. sehingga kalian dapat diterima dengan baik oleh masyarakat dimanapun anda bertugas" kata orang nomor satu di Merauke ini.

Bupati Merauke mengingatkan bahwa  wilayah penugasan kalian juga terdapat beberapa satuan lain, baik dari TNI maupun Polri sehingga di harapkan dapat membangun sinergitas dan solidaritas dengan sesama satuan yang lain .

" saya mengharapkan kepada para prajurit, agar menjalin sinergitas hubungan yang baik dengan satuan lain maupun pemerintah daerah, hindari kesalahpahaman dan jangan mudah terprovokasi serta melakukan tindakan di luar prosedur. apabila menemukan permasalahan, segera lapor kepada pimpinan masing-masing, untuk diambil tindakan secara cepat dan tepat serta jangan melakukan tindakan sendiri sendiri karena dapat berakibat fatal" pungkasnya.(m.yasir/Gilang)

Fri, 12 Jun 2020 @15:51
Tags: merauke