Prajurit Yonmanharlan XI Merauke Panen Padi

image

Merauke,koranborgol.com - Keberadaan lahan kosong seluas 2 Hektar yang ditumbuhi Ilalang dan Semak Belukar pada wilayah Mako Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) XI, coba diberdayakan menjadi lahan produktif oleh Kopda Marinir Kasdi dengan menanam Bibit Padi berjenis Impari 42, yang merupakan varietas dengan hasil panen yang cukup tinggi. 

Keuletan dan kesabaran Kopda Kasdi membuahkan hasil seiring dilaksanakannya Panen Raya Padi di Ksatrian Marinir Animha Jln. Diko 1 Trans Irian Wasur Merauke Papua pada hari Senin (18/05), yang dihadiri Komandan Lantamal XI Brigjen.TNI.(Mar) Lukman, S.T,M.Si (HAN) didampingi Danyonmarhanlan XI Letkol.(Mar).Ronny Antonius Purba beserta jajaran Perwira dan anggota Yonmarhanlan XI.

Dari Lahan 2 Hektar tersebut menghasilkan 5,4 ton Padi, yang setelah melalui proses penggilingan menghasilkan kurang lebih 3,2 Ton beras, dimana panen yang dilakukan secara simbolis oleh Komandan Lantamal XI tersebut merupakan panen keempat kalinya. 

Dijelaskan Danyonmarhanlan XI Letkol.(Mar).Ronny Antonius Purba bahwa inisiatif mengolah lahan tersebut merupakan ide Prajurit Yonmarhanlan XI, dengan pertimbangan daripada membuang tenaga sia – sia untuk membersihkan semak belukar setiap minggunya, alangkah baik ditanami Padi dan tanaman Hortikultura lainnya yang menghasilkan.

“Saya mendukung penuh kegiatan ini, karena sejalan dengan program Pemerintah dalam bidang ketahanan pangan, dimana Beras yang dihasilkan bisa untuk dikonsumsi Prajurit Yonmarhanlan XI dan Keluarga, bahkan Koperasi Yonmarhanlan XI juga menjual beras dari hasil panen ke Masyarakat sekitar berkerjasama dengan Kelompok Tani dari Wasur”, urai Danyonmarhanlan XI disela kegiatan tersebut.(Tim)

Mon, 18 May 2020 @13:39