Hari Jadi Grobogan,Bupati Gelar Pertunjukan Seni Budaya Hingga Ziarah ke Makam Para Leluhur

image

Grobogan- Dalam rangka hari jadi ke-294 Kabupaten Grobogan, Bupati Grobogan Sri Sumarni dan Forkopimda menggelar berbagai kegiatan seperti hiburan rakyat hingga ziarah ke makam para leluhur di antaranya Ki Ageng Selo hingga ke makam ki Ageng Tarub (Joko Tarub).

"Ziarah makam leluhur memang menjadi tradisi dalam peringatan hari jadi Grobogan. Tujuannya untuk mempertahankan tradisi dan menghormati jasa-jasa perjuangan waktu dulu."ujar  Sri Sumarni di sela acara belum lama ini.

Ada empat makam yang dikunjungi. Yakni makam Pangeran Adipati Puger di Kecamatan Grobogan, Ki Ageng Getas Pendowo di Kecamatan Purwodadi, Ki Ageng Selo, dan makam Ki Ageng Tarub di Kecamatan Tawangharjo.

Dalam kegiatan Ziarah ini dibagi dua rombongan. Rombongan pertama Bupati Sri Sumarni bersama anggota DPRD Grobogan Musyafak, Kapolres AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho, dan Kajari Grobogan Yunhita juga sebagian Kepala SKPD Kabupaten Grobogan ziarah ke Makam Ki Ageng Selo dan Ki Ageng Tarub di Kecamatan Tawangharjo. 

Sementara,rombongan kedua dipimpin Sekda Sumarsono serta sebagian Kepala SKPD ke makam Ki Ageng Getas Pendowo di Kecamatan Purwodadi dan ke Makam Pangeran Adipati Puger di Kecamatan Grobogan.

Ketika ziarah di makam Ki Ageng Selo, Bupati Sri Sumarni didoakan oleh perwakilan dari keraton Surakarta KRM Hadi Negoro untuk menjadi Bupati kembali di Kabupaten Grobogan. Doa tersebut disebutkan dalam sambutan dan doa penutup saat ziarah di dalam makam.

Sebelum melakukan ziarah makam, bupati mengikuti ngaji bersama khotmil quran di Pendopo Kabupaten. Rangkaian hari jadi Grobogan sangat banyak. Mulai dari bhakti sosial, jalan sehat, kirab seni budaya yang sudah dilakukan di Kota Purwodadi. Kegiatan tersebut, untuk memeriahkan dan mengenang hari jadi pada 4 Maret 2020.

Sebelumnya,Rangkaian kegiatan hari jadi Grobogan lainnya sudah dimulai dengan Jamas Pusaka di Museum Purwodadi pada Jumat 14 Februari 2020. Kemudian resik-resik kota digelar pada Jumat 21 Februari 2020 dan 28 Februari 2020. Sementara untuk kegiatan hiburan ada Mlaku Bareng Bupati dan Road Show Didi Kempot pada 8 Maret 2020. Acara hiburan artis ibu kota digelar pada Minggu, 8 Maret 2020. Selain itu, juga ada khitan massal, donor, dan santunan sosial bagi petugas kebersihan digelar pada11 Maret 2020.

”Kami juga menyelenggarakan acara hiburan seperti ,parade Seni Budaya pada 12 Maret, Pasar Rakyat Grobogan selama sepekan 13-18 Maret serta karnaval televisi swasta nasional pada 14-15 Februari 2020. Dan untuk penutupan ada pentas wayang kulit digelar di taman kuliner Purwodadi pada 20 Maret 2020. Kemudian penutupan acara Grobogan Berzikir digelar pada 31 Maret 2020 di Alun-alun Purwodadi.Saya berharap dalam hari jadi Grobogan bisa gemah lipah loh jinawi subur makmur,” imbuh Bupati.**Redy

Wed, 18 Mar 2020 @12:54