Pemkab Pati Memberikan Bantuan Masker Untuk Pekerja Migran Indonesia (PMI) Di Taiwan

image

Pati,Koranborgol.com - Sebagai bentuk antisipasi terhadap virus COVID - 19 atau yang dikenal virus corona, Pemkab Pati hari ini memberikan bantuan masker untuk Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Taiwan.

Penyerahan masker tersebut dilakukan di ruang Pringgitan Pendopo Kabupaten Pati oleh Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Pati, Tri Hariyama kepada Bupati Pati Haryanto.
Ditemui usai penyerahan bantuan masker tersebut, Bupati Pati Haryanto mengatakan bahwa masker yang akan dikirimkan sebanyak 6.660 yang terbagi menjadi sekitar 133 kardus.

"Memang cukup kesulitan mencari masker sebanyak ini. Namun jika dirasa kedepan ada kekurangan, kami pun akan berupaya untuk mengirim kembali. Sehingga, ini bentuk pencegahan yang saat ini bisa kami lakukan, yaitu melalui bantuan masker ini", tutur Haryanto. 

Menurut Bupati, hingga saat ini para tenaga ahli dan tenaga medis masih terus melakukan pendeteksian serta upaya penyembuhan terhadap virus tersebut. 

"Oleh karena itu saya berpesan kepada warga saya yang di luar negeri agar berhati - hati. Apabila hal tersebut beresiko jangan dilakukan. Sedangkan apabila dilarang ya jangan dilanggar. Atas hal tersebut pula, sebanyak 22 negara pun belum diperkenankan melaksanakan ibadah umroh. Meski awal Maret 2020 sudah  diperkenankan kembali", jelasnya. 

Bupati juga menegaskan bahwa hingga saat ini belum ada laporan adanya Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Pati yang terjangkit virus corona. 
"Meskipun demikian, memang timbul kekhawatiran sebab selain pendeteksiannya yang tidak mudah, daya tahan fisik yang lemah pun bisa menjadi faktor tertularnya virus", ujarnya. 

Menurut Bupati, warga Pati yang di Taiwan cukup banyak, ada sekitar 2.400-an. "Apabila masker sebanyak 6.660 ini dibagi ya kurang lebih per orang hanya mendapat dua saja", tuturnya. 

Bupati pun menekankan bahwa untuk mendapatkan masker dalam jumlah besar, bukanlah terkendala dalam masalah anggarannya. Namun pengadaan barangnya yang tidak mudah.

"Tapi ketika kemarin saya mengikuti rapat koordinasi Paguyuban PMI Wilayah 1 Jateng, Ketua Umum PMI Jusuf Kalla telah memesan masker sebanyak 50 juta. Apabila bantuan masker kita pada warga Pati yang di Taiwan kurang, akan saya upayakan untuk mendapat bantuan dari PMI Provinsi", pungkasnya.(HMS/EKO)

Mon, 2 Mar 2020 @21:13
Tags: pati bupati