Bakti Polri Kepada Masyarakat, Operasi Bibir Sumbing dan Katarak Gratis di Semarang

image

Semarang.Koranborgol.Com.Sebagai wujud bakti Polri dan ungkapan kepedulian kepada masyarkat kurang mampu Polda Jawa Tengah menggelar operasi gratis bibir sumbing dan Katarak di Rumah sakit Bhayangkara Semarang Prof. Awaloedin Djamin.Kamis (13/02).

Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Jawa Tengah Kombes Pol.Tri Yuwono Putra mengatakan,Polda Jawa tengah dalam hal ini  ada dua kegiatan yakni Bhakti sosial dan bhakti Kesehatan .

"Kebetulan yang di sini (red)RS. Bhayangkara melaksanakan bhakti sosial dalam bentuk oprasi katarak dan bibir sumbing,yang masih berlangsung hingga 15 Februari nanti.sementara Bhakti kesehatan yang mencakup pengobatan massal,sunatan massal,penyuluhan gigi,Laborat dan donor darah di laksanakan di Blora,"kata Tri kepada awak Media.

Menurut Tri Yuwono,untuk saat ini jumlah pasien katarak yang sudah terdaftar ada 63 orang dari target 50 orang namun kata dia tetap akan di layani, sedangkan untuk bibir sumbing ada 17 orang.

"Yang sudah di lakukan tindakan scrining oprasi katarak kemarin ada 18 orang dan hari ini 18 orang sehingga jumlah yang sudah di oprasi ada 36 orang.untuk sisanya nanti di lakukan scring lagi jika memang memungkinkan di oprasi ya di oprasi atau nanti di jadwalkan lain hari ."Jelasnya.

Untuk pasien katarak sendiri tambah Tri,sementara ini hanya di wilayah Jateng saja namun tidak menutup kemungkinan bila nanti ada yang datang dari derah lain juga akan tetap di layani .

"Intinya pertama tujuanya adalah mendekatkan Polri kepada Masyarakat dan yang ke dua adalah memang kepeduluan Polri kepada Masyarakat yang kurang mampu, jangan sampai Polri itu kesanya hanya menegakan Hukum menagkap pencuri,penjahat saja namun lebih ada rasa kemanusiaan,kepedulian Polri kepada Masyarakat yang di wujudkan dalam bentuk Bhakti sosial."urainya.

Sementara itu,Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutrisna menambahkan, beberapa pasien yang telah mendapatkan penindakan mengaku bersyukur atas terselengaranya program ini.

“Mereka tadi ada yang operasi matanya, sebelah sudah diopersi ibu iktu mengaku matanya telah kembali normal terang, lalu berterimaksih pada Polda Jawa Tengah,” ujarnya.

Menurutnya, masyarakat dari daerah manapun masih dapat mendaftar jika ingin melakukan opersi katarak ataupun bibir sumbing secara gratis.

“Ada beberapa pasien yang mendaftar dari Jakarta dan Kalimantan, kita melayani semuanya. Sementara kan target kita belum mencukupi karena kan dari yang disrining ada beberapa yang belum memenuhi sarat masih dirawat dulu,” terang kabid Humas.

Adapun Yarnis (41) Warga Ungaran merasa bersyukur bahwa anak  perempuannya Citra KIrana Lestari 10 bulan dapat memperoleh operasi bibir sumbing secara gratis.

“Sebelumnya kita mau tindakan operasi kalau ada uang, tapi anak saya yang kedua buka HP  tau informasi ini, terus kita coba daftar. Alhamdulillah diterima, prosesnya kan gampang,sempat hawatir tapi begitu di berikan penjelasan oleh dokter bisa berhasil saya yakin semoga semoga lancar,”harapnya.**Tomo

Thu, 13 Feb 2020 @17:39