Usulan Masuk Lahan Basah , Warga Tetap Inginkan Pembangunan Pangkalan Gas di Krikilan

image

REMBANG,koranborgol.com — Tiga lokasi lahan yang telah di usulkan untuk pembangunan pangkalan gas Sumur Randugubting II oleh warga desa Krikilan Kecamatan Sumber ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang hasilnya tak sesui harapan.

Pasalnya , ketiga titik lokasi lahan yang dimohonkan oleh warga ke Pemkab Rembang itu merupakan lahan basah (pertanian ) Informasi yang dihimpun ketiga titik lokasi itu masing- masing adalah tanah timur pasar Blok I persil 3. Yang letaknya di Utara Jalan Raya. Kedua, tanah timur pasar Blok 2 persil 15. Yang berada di selatan Jalan Raya. Ketiga, tanah timur pasar blok I persil 3. Yang berada di utara jalan raya.

Berdasarkan rencana pola ruang, ketiga lokasi yang diusulkan tersebut masuk sempadan jalan dan kawasan peruntukan pertanian lahan basah. Ngarju Ketua Karangtaruna Desa Krikilan saat dikonfirmasi wartawan mengatakan, pihaknya sudah menerima informasi adanya hal tersebut. Kendati begitu kata Ngarju sikap warga Krikilan masih tetap menginginkan agar pembangunan pangkalan gas berada di desanya .

Menyikapi hasil dari ketiga lokasi tersebut, pihaknya menunggu terkait sosialisasi lanjutan. Sekertaris Daerah (Sekda) Rembang selaku Ketua Badan Koordinasi Penataan Ruang Daerah (BKPRD) Subakti saat dikonfirmasi mengatakan tiga lokasi yang dimohonkan informasi tata ruangnya itu merupakan lahan basah.

”Tiga lokasi yang dimohonkan informasi tata ruangnya, semua peruntukannya untuk pertanian lahan basah,hasil informasi tata ruang (ITR) atas tiga lokkasi tersebut sudah kami kirimkan lewat Camat Sumber. ”terangnya

Sebelumnya seperti diberitakan Ratusan warga Desa Krikilan Kecamatan Sumber meminta Pemkab Rembang untuk menghentikan pembangunan depo dan pemasangan pipa gas di desa Jatihadi yang saat ini sedang dikerjakan oleh PT Sumber Energi .

Karena , menurut warga pipa gas yang akan dipasang itu banyak melintasi pemukiman. Selain itu , lokasi lahannya juga rawan longsor. Warga menilai pembangunan depo gas yang paling tepat lokasinya di dekat Sumur Randugunting II yang berada di desa Krikilan .

Sebab, selain jarak pemasangan pipa gasnya tidak jauh dan tidak melintasi pemukiman warga juga dapat menghemat biaya dan tidak rawan Harapan itu disampaikan warga kepada Bupati Rembang H.Abdul Hafidz saat menghadiri acara Sosialisasi Pemasangan Pipa Gas Bumi Dan Rencana Pembangunan Comprresed Natural Gas Plant di desa Krikilan Kamis (1/1/2020)

Sosialisasi itu digelar lantaran warga tetap bersikukuh menghendaki pembangunan depo gas di desa Krikilan. Depo itu nantinya digunakan untuk mengalirkan gas yang bersumber dari Sumur Randugunting II yang berada di desa Krikilan.

Atas kondisi itu Pemkab Rembang akhirnya memberi alternatif solusi. Meminta warga krikilan mencarikan lokasi Hingga saat ini aktifitas pembangunan depo gas dan pemasangan pipa yang dikerjakan oleh PT Sumber Energi masih terus berjalan dan sudah sampai wilayah desa Kedungtulup.(san)

Sat, 11 Jan 2020 @09:18