Empat Pelaku Curas Berhasil Di Tangkap ,Tiga Di Antaranya Didor Polisi

image

Semarang.Koranborgol.Com-Tim Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Jateng berhasil meringkus Empat pelaku pencurian dengan kekerasan (curas) di toko emas Wisama Cahaya Dusun Pengkol Jati Rt 06/03 Desa Tlogomulyo Kec. Gubug Kab. Grobogan.Tiga di antaranya di Dor Aparat Kepolisian karena melawan saat di lakukan  penangkapan.

"Para tersangka ini sempat melawan saat ditangkap Petugas ,sehingga dilakukan tindakan tegas dan terukur. Polda jateng tidak segan-segan melakukan tindakan tegas, kita perintahkan untuk tembak ditempat, ini contohnya.” kata Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutrisna, saat gelar perkara di Mapolda Jateng Jl.Pahlawan Semarang Senin ( 30/12/2019)sore.

Di jelaskan kabid Humas,kelompok pelaku curas sadis Lincung dan kawan-kawan itu dalam melancarkan aksinya tak hanya di Jawa Tengah namun juga di wilayah Hukum Polda Jawa Timur.

Ke empat pelaku yang tertangkap adalah Ron Pelo, Lincung, Dar, dan Had. Mereka tertangkap di empat lokasi yang berbeda yakni di Bali, Jakarta, Semarang dan Demak. Sementara 2 pelaku lainnya masih DPO.

Sementara.Dirreskrimum Polda Jateng Kombes Pol. Budhi Haryanto mengungkapkan,Bahwa para pelaku dalam aksinya berhasil mengasak emas seberat 10 kilogram di toko emas tanpa tralis, mereka mengunakan senjata api yang digunakan untuk mengancam korbannya.

“Dalam Aksinya,para pelaku ini mengunakan senjata api, senjata api yang dapat membunuh orang ini digunakan untuk mengancam korban, begitu sadisnya komplotan ini,” ungkap Budhi.

Budhi menambahkan,ketiga pelaku merupakan residivis antar provinsi.yang pernah di hukum dengan kasus yang sama.

“Ada TKP yang belum terungkap, tapi mereka disini para tersangka mengakui, kita akan berkoordinasi dengan Polda dimana wilayahnya pernah terjadi tindak kejahatan pencurian dengan kekerasan,” katanya.

Dari hasil pemeriksaan, ke empat pelaku kata Budhi, memiliki peran masing masing.salah satunya berperan mengambar TKP, eksekutor hingga menyiapkan Senjata api untuk melakukan kejahatan.

"Dari hasil curas ini para pelaku diketahui membeli mobil, rumah dan tanah.Hingga kini kami masih mengembangkan hasil penyidikan guna mengetahui distribusi hasil kejahatan lainya ,”Pungkasnya.

Atas kasus ini pelaku terancam Pasal 365 KUHP dengan hukuman penjara selama-lamanya 9 (Sembilan) tahun, dihukum pencurian yang didahului, disertai dengan kekerasan terhadap orang, dengan maksud memudahkan pencurian.SertaHukuman penjara selama-lamanya dua belas tahun.

Berikut Barang Bukti yang berhasil di sita polisi diantaranya berupa senjata api,6 butir amunisi aktif,korek api yang bentuknya mirip senjata api; 1 (satu) unit mobil Honda Mobilio, warna hitam,2 unit motor, 2 (dua) untai perhiasan emas gelang;  1 (satu) untai perhiasan emas kalung;  1 (satu) buah perhiasan emas cincin;  1 (satu) untai perhiasan emas Gelang tangan;  1 (satu) untai perhiasan emas Gelang kaki;  1 (satu) buah perhiasan emas Liontin.**Tom

Mon, 30 Dec 2019 @23:26