Bekali Ilmu, SEKAT-RI "Doktrin" Peserta dalam Kuliah Umum Jurnalistik

image

Makassar- koranborgol.com - Serikat Wartawan Media Online Republik Indonesia (SEKAT-RI) sukses menggelar Pelatihan jurnalistik dengan tema “Meramu Informasi Menjadi Berita” Kegiatan ini diikuti sebanyak 20 orang peserta, bertempat di Sekretariat DPD SEKAT-RI Sulsel, Jalan Toddopuli Raya Timur, Kota Makassar, Sabtu (28/12/2019)

Hadir sebagai pemateri, Ketua Umum DPP SEKAT-RI, Muh Iqbal Salim, Wakil Ketua Umum, Andi Zulkarnain, Ketua DPD SEKAT-RI Sulsel, Syaiful Achmad, dan Divisi Intelijen DPP SEKAT-RI, Muldani Ketua Umum SEKAT-RI, Muh Iqbal Salim mengatakan acara ini diadakan untuk melatih masyarakat agar terampil menulis di media massa, khususnya di media online.

"Tujuan belajar menulis berita bukan harus menjadi wartawan. Tapi setiap wartawan wajib menulis berita" ujar Iqbal saat membawakan materi jurnalistik.

Dia mengatatakan, bahwa tugas utama jurnalis itu beritakan kebenaran, bukan menjadi penjilat penguasa, "Katakanlah kebenaran walaupun itu pahit" kata Iqbal disambut tepuk tangan peserta.

Untuk itu, Iqbal menuturkan kembali bahwa pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dasar, tentang dunia jurnalis kepada masyarakat Kota Makassar “Melalui pelatihan ini diharapkan bisa memberikan pencerahan kepada peserta tentang cara menulis berita yang baik dan benar,” katanya.

Selain itu dikatakan Iqbal, wartawan merupakan pekerja intelektual, membangun kreatifitas dalam dunia jurnalistik. Peran wartawan sangat penting dalam mengawal pembangunan daerah.

Ditambahkan Iqbal, wartawan dituntut untuk terus mengasah ilmu dengan banyak membaca, nalar dan isi berimbang. “Kemampuan dalam berdialog di depan narasumber harus dikuasai oleh seorang jurnalis.

Bahkan dalam mengelola hasil wawancaranya sesuai kunci 5W+1H yang kemudian dituangkan dalam berita,” pungkasnya mengakhiri (Ds/Wan)

Sat, 28 Dec 2019 @22:57