BK Award Akan Diberikan Bagi Anggota Dewan Yang Berkinerja Baik

image

Semarang Koranborgol.Com-Tugas Badan Kehormatan di antaranya ialah mengamati, mengefaluasi,disiplin dan kepatuhan anggota DPRD terhadap sumpah dan janji serta kode etik ,BK sebagai garda terdepan terhadap penegakan disiplin anggota  sehingga martabat dan kehormatan anggota DPRD senantiasa terjaga . Begitu sekilas cuplikan mengawali diskusi Prime Topik yang di siarkan Radio MNC Trijaya FM dengan'Tema'Menjaga Marwah DPRD'yang di selenggarakan di Gets Hotel Jl.MT Hariyono Semarang Senin(2/12/2019).

Ketu Badan Kehormatan DPRD Prov Jateng Bambang Haryanto mengatakan,Tugas Badan Kehormatan memang tidak terlepas dari  bagaimana mengawasi dan mengefaluasi pelaksana daripada kode etik dan tatatertip khususnya dalam hal pelanggaran ,namun di samping itu juga memotifasi anggota supaya bisa berprilaku baik sehingga di harapkan akan ada kesadaran untuk menjaga marwah DPRD Jateng.

"Jadi saya katakan Badan Kehotmatan (BK)itu sesungguhnya hanya bagian saja artinya bukan satu-satunya  yang  berkontribusi menjaga marwah namun sesungguhnya BK itu bagaimana bisa mengajak dan membawa supaya seluruh anggota dewan ini punya tanggung jawab untuk menjaga marwah masing masing yang nantinya berakumulasi pada kinerja DPR itu sendiri ."jelas bambang.

Menurutnya,selain momotifasi dan memacu adanya kompetisi yang sehat pada anggota Dewan ,Badan kehormatan telah memberika  apressiasi berupa Reword yang di namakan  BK Aword  yang di berikan setiap tahun tujuanya adalah untuk mengefaluasi dan memotifasi para  anggota Dewan.

"Kita baru tahun kemarin memberikan Reword .jadi yang namanya BK ini bukan hanya sekedar panismen namun juga memberikan Reword kepada mereka yang betul-betul bisa membawa dan menjaga amanah Rakyat ini dengan baik,"pungkasnya.

Sementara itu,M.Yulianto Pengamat Politik Undip menyambut baik apa yang di lakukan oleh Badan Kehormatan (BK) DPRD Prov Jateng ini menurutnya,kinerja DPRD yang baik pantas untuk mendapatkan apresiasi dari BK Aword yang mana nantinya Aword itu kata dia berupa pin Emas.

"Untuk mendapatkan Pin Emas itu di seleksi secara ketat terhadap kwalitas,sebagai contoh  kinerja dan  peforma anggota DPRD 2014 -2019 lalu.Kreterianya adalah satu, kedisiplinan yang di ukur  dengan frekwensi kehadiran di dalam sidang maupun rapat pleno  untuk menunjukan keseriusan bahwa dia mengemban amanah memperjuangkan aspirasi lewat sidang sidang.

Dan yang kedua adalah kapasitas persen itu di tunjukan dengan frekwensi dia berkontribusi pada setiap persidangan .kontribusi bukan hanya hadirnya penuh tapi tidak pernah ngomong tidak pernah bicara  dan berpendapat ,itu ada datanya yang di sediakqn sekertariat dengan lengkap di cek misal dari 100 orang yang rajin ini ada orang yang rajin berpendapat permasalahan yang ada di dalam pertemuan.

Yang ketiga adalah pengabdian sosial di luar kerja dewan. mereka yang sering menghadiri atau menjadi pembicara di seminar atau komunitas- komunitas dimana butuh anggota DPRD karena ada anggota dewan yang rajin menghadiri pertemuan dengan warga untuk memberikan pendapat saran dan menerima aspirasi .

"Dan yang paling penting yang nomer empat ini adalah ekpose media  dari 100 rang itu nggak lebih dari 25 orang  yang sering di ekpose oleh media cetak,online maupun radio.karena  tanggung jawab seorang politik seorang anggota parlemen adalah pada pablik langsung, dan sarana untuk mempertanggung jawabkan kepada Publik  satu satunya adalah media ."pungkasnya."**Tomo

Mon, 2 Dec 2019 @15:48