BNN Kendal Membuka Klinik Rehabilitasi Untuk Pecandu Narkoba Tanpa Di Pungut Biaya

image

Kendal.Koranborgol.com ~ Badan Narkotika Nasional (BNN) Kendal membuka klinik rehabilitasi untuk pecandu Narkoba yang di beri nama Klinik Pratama sumber waras yang terletak di Jl. Gajah mada, Kelurahan Karangsari, Kecamatan Kendal, Kabupaten Kendal. Klinik Pratama Bina Waras, BNNK resmi beroprasional berdasarkan SK Bupati Kendal No. 445/320/2019 tanggal 24 juli 2019.

"Klinik bina waras dilengkapi ruangan khusus seperti, ruangan konsultasi, pemeriksaan dan ruangan pojok ASI. Adapun tenaga medis yang ada saat ini terdiri dari dokter penangung jawab pelaksana pelayanan, dokter pelaksana pelayanan, perawat pelayanan, konselor dan petugas administrasi," terang  Kepala BNN kabupaten Kendal Sharlin Tjahja Fimer,SH, M.Si saat membuka klinik tersebut pada Kamis (12/09/19) .

Pelayanan yang ada di Klinik BNNK Bina waras: memberikan fasilitas pelayanan untuk para pecandu, peyalah guna, dan korban, penyalah guna narkoba untuk datang dan, dilakukan upaya rehabilitasi rawat jalan, dalam bentuk konseling berkelanjutan dengan tujuan untuk dipulihkan dari penyalahgunaan narkoba secara geratis, tanpa dipungut biaya. Layanan asesmen medis, layanan konsultasi.

Rehabilitasi narkoba dan layanan pembuatan surat keterangan hasil pemeriksaan narkotika (SKHPN) untuk masyarakat umum dengan syarat membawa rapid test urin sendiri sedangkan jasa pelayanan tidak dipungut biaya. Progres Klinik pratama bina waras BNNK Kendal yang baru beroprasi 1,5 bulan yaitu sudah melayani 3 orang klien rehabilitasi rawat jalan, sudah melayani 30 permintaan ( SKHPN) yang berasal dari instansi pemerintah dan masyrakat umum.

BNN Kendal juga melaksanakan kegiatan penguatan lembaga rehabilitasi pada 1 lembaga rehabilitasi medis milik pemerintah, 2 lembaga rehabilitasi medis milik komponen masyarakat dan 1 institusi penerima wajib lapor (IPWL) yang ada di Kendal. Pungutan tersebut berbentuk pelatihan petugas rehabilitasi maupun dukungan pembiayaan layanan rehabilitasi rawat jalan.

Lembaga rehabilitasi rawat jalan medis tersebut yaitu: Puskesmas Sukorjo, RSI, RS Darul Istiqomah kaliwungu, RSUD Dr. Soewondo Kendal BNNK Kendal. Kepala BNN kabupaten Kendal Sharlin Tjahja Fimer,SH, M.Si. Arie menyatakan, layanan Klinik Bina waras memberikan layanan kepada pecandu, penyalah guna dan penyalahguna narkoba, menjalani rawat jalan. Warga yang datang ke Klinik ini bisa memanfaatkan layanan konseling, pungkas, Sharlin.

Data di BNN Kabupaten Kendal jumblah pecandu penyalah guna dan narkoba yang menjalani rehabilitasi rawat jalan selama tahun 2018 sebanyak 7 orang. sedangkan hinga bulan agustus 2019 yang melakukan rehabilitasi rawat jalan di Klinik Bina Waras dan sejumblah rumah sakit di kendal sebanyak 7 orang.(son)

Fri, 13 Sep 2019 @00:01