Parade Dan Kirab Budaya Meriahkan Upacara HUT Bhayangkara Ke-73

image

Semarang.Koranborgol.Com-Parade dan kirab budaya dalam rangka  Hut Ke-73 Bhayangkara di laksanakan di Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang,pada Rabu (10/7/19)pagi.

Dalam acara tersebut lebih kurang 3000 peserta dari berbagai komunitas dan pelaku seni budaya Jawa Tengah turut ditampilkan .seperti Drum Band Akmil,Canka Lokananta,Tek Tek Kebumen,Group Barongsai ,group anglung,komunitas otomotif ,siswa sekolah,serta penampilan atraksi Polisi Cilik yang memukau para hadirin sehingga membuat suasana lebih meriah.

Sebelum di mulai acara kirab dan Parade budaya Gubernur Ganjar Pranowo Membacakan Amanat Presiden RI ,Joko Widodo(Jokowi)yang intinya pada momentum Hut Bhayangkara ke -73 ini Pemerintah mengapresiasi kinerja Polri yang mana kerja keras dan pengabdian Polri telah di rasakan hasilnya oleh seluruh masyarakat Indonesia.

"Situasi keamanan dalam negeri sepanjang tahun 2018 dan 2019 terpelihara dengan baik .Polri dan TNI telah mengamankan seluruh perhelatan Internasional yang di selenggarakan Pemerintah ,seperti Asian Games, Asian Para Games, serta IMF-World Bank Annual Meeting 2018.selain itu Polri dan TNI juga telah mengamankan Pemilu Tahun 2019, sehingga terselenggara dengan aman, damai, dan demokratis."paparnya.

Selain itu,kejahatan tindak pidana korupsi, sepanjang tahun 2018 lanjut Ganjar ,Polri telah berhasil mengungkap kerugian negara senilai senilai Rp 2,9 triliun dan menyatakan keuangan negara sebesar Rp 2,3 triliun. Selanjutnya dalam pengelolaan organisasi, Polri telah menigkatkan akuntabilitas dan transparansi. Laporan keuangan Polri meraih opini Wajar Tanpa pengecualian dari badan Pemeriksa Keuangan selama 6 tahun berturut-turut .

"Dari Laporan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, menunjukkan Nilai Akuntabilitas kinerja Instansi Pemerintah dan Indeks Reformasi Birokrasi Polri mengalami peningkatan, di sertai dengan keberhasilan mewujudkan 69 Zona Integritas, yang terdiri dari 64 Satker dengan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan 5 Satker dengan predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Hal ini menempatkan Polri pada urutan kedua Kementerian/Lembaga dengan Zona Integritas terbanyak setelah Kementerian Keuangan."urainya.

Atas berbagai capaian tersebut Presiden berharap tidak membuat institusi Polri cepat berpuas diri. Namun sebaliknya, menjadi motivasi dan inspirasi untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Apalagi ke depan,tantangan yang dihadapi Polri dalam memelihara keamanan dalam negeri akan semakin kompleks.

Dalam ahir amanat presiden menyampaikan,ada 5 instruksi pedoman dalam pelaksanaan tugas yakni pertama, Presiden berpesan agar Polri terus tingkatkan kualitas sumber daya manusia Polri guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks. Kedua, Presiden meminta Polri terus mengedepankan strategi proaktif dan preventif dengan pendekatan dan tindakan humanis.ketiga,terus tingkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah dan cepat.

Keempat, Presiden Jokowi juga meminta Polri terus meningkatkan profesionalisme dan transparansi dalam penegakan hukum, serta memberikan rasa adil kepada masyarakat."terahir perkuat koordinasi dengan  TNI, kementerian/lembaga, pemerintah daerah, serta masyarakat, dalam memelihara keamanan dan ketertiban sosial," pungkasnya.

Sementara Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel Menambahkan,Bahwa Ia dan Jajaran mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat pemerintah Provinsi ,Kabupaten/Kota khususnya jajaran Pangdam IV Diponegoro Yang telah bekerja keras bahu membahu bergandengan erat membuat suasana Kamtibmas di Jateng sangat kondusif .

"Kami berharap kerjasama dan kebersamaan ini bisa berlanjut sehingga bisa tercipta kedamaian,kesejahteraan ,ketentraman di semua wilayah Jawa Tengah ,kami juga mohon do,a restu diusianya yang ke -73 ini semogo Polisi semakin mandiri ,semakin bijak menjaga kemanusiaan,dan menjaga tetap lestarinya peradaban umat manusia di seluruh Dunia "tandasnya.**(Tomo)

Fri, 12 Jul 2019 @11:17


Tulis Komentar

Nama

E-mail (tidak dipublikasikan)

URL

Komentar