Puluhan Mobil Bak Terbuka Akan di Tertibkan Polres Kendal.

image

Kendal, Koranborgol.com ~ Mobil bak terbuka yang digunakan untuk angkutan umum. Seperti yang beroprasi dikaliwungu Selatan, Kini akan ditertibkan Polres Kendal Jawa Tengah. Mobil bak terbuka itu biasa dinaiki oleh anak-anak sekolah dan Ibu-ibu dalam Aktifitas Keseharianya.

Kapolres Kendal, AKBP Hamka Mapaitta Mengatakan, Saat bertemu Media borgol penertiban mobil bak terbuka yang digunakan untuk angkutan umum dilakukan untuk menghindari kecelakaan di jalan Raya. Sebab di Kaliwungu Selatan, medan jalannya terjal dan berliku.

Penumpang, bisa terjatuh apabila tidak hati-hati. Apalagi, masyarakat terutama anak-anak yang naik di mobil itu, duduknya di tepi bak mobil. Ujar dia. Mobil bak terbuka itu harus dimodifikasi. Misalnya, dengan memberi besi di pinggir bak, dan diberi tempat duduk.

Sehingga apabila ada guncangan di jalan yang terjal penumpang bisa berpegangan pada besi. menurut Hamka. “Harus ada pencegahan sebelum ada yang terjatuh,” kata Hamka usai mimpin gelar pasukan operasi keselamatan di halaman Mapolres Kendal, Senin (29/04/2019). Pukul 11:30.

Hamka mengatakan, dalam waktu dekat ini pihaknya akan mengundang semua sopir mobil bak terbuka yang digunakan untuk mengangkut penumpang manusia Kapolres akan memberikan pengarahan para sopir terkait dengan bahaya mobil bak terbuka yang digunakan untuk angkutan manusia.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kendal Suharjo mengatakan. jumlah mobil bak terbuka yang digunakan untuk angkutan manusia tidak sedikit tapi puluhan. Mobil-mobil itu beroperasi pada pagi hingga sore hari. Mereka membawa penumpang dari Darupono ke Kaliwungu.

“Di situ memang belum ada mobil angkutan umum berpelat kuning. Adanya mobil pribadi jenis colt bak terbuka yang digunakan untuk angkutan umum,” ujar Suharjo. Sesuai anjuran Kapolres, pihaknya akan memberi arahan kepada para sopir mobil bak terbuka. Harapannya agar kecelakaan bisa dihindari. Ujar Suharjo.**SON

Tue, 30 Apr 2019 @08:35