Polres Kendal Gelar Lomba Siskamling

image

Kendal,koranborgol.com - Dalam upayanya pihak aparat kepolisian guna menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), Polres Kendal mengadakan lomba Siskamling tingkat Polres Kendal.

Maka tim juri dari Polres Kendal melakukan penjurian dan penilaian di Poskamling Perum Brangsong, Desa Sidorejo Kecamatan Brangsong, sabtu pagi jam 03.00 wib, 09/03/19. Di sela kegiatan Kabag Sumda, Kompol Yayat Hidayat SH MH sebagai ketua tim penilai mengatakan, dalam menjaga keamanan di wilayah hukum Kabupaten Kendal tidak bisa bila hanya mengandalkan dari pihak kepolisian saja.

Menurutnya peranan masyarakat sangat penting dalam menjaga kamtibmas di wilayah tempat tingal masing masing, "untuk itu salah satu cara kepolisian dalam menyadarkan dan meningkatkan keikut sertaan masyarakat dalam menjaga kamtibmas pihak Polres Kendal mengadakan lomba siskamling",ujarnya.

“Target penilaian lomba pos kamling bukan se-mata-mata mencari juara atau pemenang, namun untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat terkait dengan keamanan lingkungan masing-masing, melaui sistim keamanan lingkungan (siskamling),” lanjutnya.

Petugas jaga Poskamling juga diminta oleh tim juri untuk mempraktikan simulasi penangkapan maling. Selain itu tim juri juga memeriksa langsung perlengkapan perlengkapan yang ada di poskamling seperti peralatan penerangan (Senter), buku adminitrasi dan buku tamu, kentongan dan peralatan pendukung lainya.

Sementara itu Camat Brangsong Drs. Bambang Joko Pitono, yang hadir di giat itu sangat mengapresiasi antusias warga dalam mengikuti lomba Siskampling. "Dengan lomba siskamling ini di harapkan warga lebih aktif lagi sehingga bisa terwujud lingkungan yang aman kondusif serta bisa mencegah tindak kejahatan secara dini, terangnya.

Di sela-sela kegiatan Kapolsek Brangsong, AKP. Darwan SH.MH menyampaikan ucapan terimakasih atas pelaksanaan penilaian lomba pos kamling ini kepada masyarakat di Perum Brangsong yang menunjukan semangat yang tinggi saat dilakukan penilaian.

“ Semoga dengan dilakukan lomba siskampling ini, dapat memotivasi terhadap pelaksanaan ronda setiap malam secara bergiliran oleh masyarakat sendiri. Karena keamanan itu adalah merupakan tanggung jawab kita bersama, bukan semata-mata menjadi tanggung jawab aparat kepolisian saja,” kata AKP Darwan.**Robi

Sat, 9 Mar 2019 @21:55