Insarkom Imigrasi Palu Bekerja Sesuai Peraturan Perundang-undangan

image

PALU,KORANBORGOL.COM _ Kepala Seksi Informasi dan Sarana Komunikasi (Insarkom) Kantor Imigrasi Kelas I Palu, Muhammad Bakri, SE,  SH,  M. Si menjelaskan, tugas dan fungsi seksi Insarkom yakni melakukan penyebaran dan pemanfaatan informasi serta pengelolaan sarana komunikasi kemigrasian di lingkungan Kantor Imigrasi berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sedangkan fungsi Insarkom adalah,
melakukan pengumpulan, penelaahan, analisis data, evaluasi, penyajian informasi dan penyebarannya untuk penyelidikan keimigrasian, melakukan pemeliharaan, pengamanan dokumentasi dan penggunaan serta pemeliharaan sarana komunikasi.

Menurut Muhamad Bakri, saat ini  pembenahan yang dilakukan seksi informasi dan sarana komunikasi, (Insarkom) terkait fasilitatip diantaranya, perbaikan ruangan arsip, manajemen kearsipan. Sedangkan bentuk kegiatan lainya misalnya, bakti sosial, donor darah bahkan lomba lukis. Kemudian terkait untuk profesional kinerja, maka telah dilakukan sinergi kerjasama antar seksi.

“Walaupun dengan keterbatasan anggaran yang ada namun dapat diatasi.” Jelas Bakri
Selain itu kegiatan dalam betuk informasi dan sosialisasi kemasyarakat baik mengenai pengawasan WNI dan WNA, seperti pembuatan paspor dan kegiatan timpora.

” Informasi mengenai bagaimana kita mencegah TKI Nonprosedural dan cara kita mensosialisasikan ke masyarakat akan dampak buruknya TKI Nonprosedural. Dan telah bekerjasama dengan BNP2TKI terkait masalah TKI. ” jelas Bakri.

Namun demikian kata Bakri, tidak dipungkiri pihak imigrasi palu khususnya seksi sarana informasi saat ini mencoba untuk terus memaksimalkan kinerja dalam turut melayani masyarakat dan memberi dukung penuh pelaksanaan program pemerintah pusat khususnya terkait persoalan keimigrasian. ” Saat ini kami telah melakukan bersih bersih, “paparnya.
Karena itu kata Bakri, pihaknya dalam melaksanakan kerja sesuai prosedur dan tidak ada lagi pungli.

Sebab dengan adanya aplikasi Simponi yakni aplikasi pembayaran yang berbasis online untuk melakukan pembayaran dan penyetoran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), terbukti sangat membantu Kementerian dan Lembaga dalam menjalankan tugas-tugasnya. Khususnya imigrasi palu.
Sehingga kata Bakri, kedepan kasi Insarkom bisa lebih meningkatkan sinergi antar semua komponen terkait. Karena itu harapannya, perlu fasilitas dan pengembangan sarana prasaran sebagai pendukung pelayanan kemasyarakat khusus keimigrasian.

“Walaupun dengan kondisi anggaran yang minim, pihak imigrasi palu bersyukur dapat bekerja maksimal, “tutupnya.*Rhmd/RDY/MUL

Thu, 2 Aug 2018 @19:54