Jalan Penghubung Tiga Desa Rusak Parah Dan Dipenuhi Lubang

image

Purwakarta, Koran Borgol.com _ Akses Jalan yang menghubungkan tiga Desa, yakni Ds. Nangerang, Ds. Sindangsari dan Ds. Sindangpanon, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta, rusak parah berlubang sepanjang 1460 meter dengan lebar 3 m yang semestinya segera dilakukan perbaikan oleh pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta, terkesan lamban.

Pasalnya, kondisi Jalan Nangerang-Sindangsari Yang mengubungkan ke Ds. Sindangpanon sebagai akses jalan alternatif menuju Purwakarta kota sudah hampir 2 tahun terakhir ini keberadaannya ruksak parah dan berlubang, sehingga harus segera dilakukan perbaikan dan pelebaran jalan tersebut.

Kepala Desa (Kades) Sindangsari, Rahmat Efendi saat dimintai keterangan awak media, Senin (30/04/) di kediamannya menerangkan, terkait akses Jl. Nangerang-Sindangsari-Sindangpanon dari Dinas Bina Marga sudah turun kelapangan melakukan pengukuran jalan tersebut. Bahkan, kabarnya sudah masuk di Dokumentasi Pelaksanaan Anggaran (DPA) Pemkab Purwakarta bulan April 2018 ini. Sehingga, idealnya bulan ini mesti secepatnya pelaksanaan pekerjaan", ujar Rahmat.

Berdasarkan info, lanjut Rahmat, anggaran untuk Pekerjaan Poros Jalan Nangerang-Sindangsari yang mengubungkan ke Sindangpanon itu menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Provinsi Jawa Barat (Jabar) senilai Rp3,5 Milyar”, jelas Rahmat.

Pemkab Purwakarta dalam hal ini Dinas Bina Marga dan Pengairan sudah sepatutnya melakukan perbaikan Jalan Nangerang-Sindangdari yang kondisinya kini sudah sangat memprihatinkan.

“Jalan aspal itu kini hancur dan pengguna jalan baik roda dua maupun empat dibuat pusing bahkan kelimpungan, karena saat melintasi jalan itu mereka harus memilih jalan yang agak bagusan namun tidak ada lagi jalan yang bagus karena penuh lubang ”, papar Rahmat.

Harapan kami, tambah Rahmat warga meliputi tiga wilayah Desa ini dari sejak awal menginginkan Jalan Utama itu segera diperbaiki. Karena, dampak dari ruksaknya jalan ini ada beberapa pengguna jalan pernah mengalami kecelakaan”, katanya.

Ditempat terpisah Kepala Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Bina Marga Wilayah 3 Purwakarta, Sukendar menyebutkan terkait Jalan Nangerang-Sindangsari yang melintasi Ds. Sindangpanon tersebut tinggal menunggu instruksi Pelaksana Jabatan (PJ) Bupati Purwakarta, Muhammad Taufik Budi Santoso dan proyek jalan itu terlebih dahulu harus melalui proses lelang”, ujar Sukendar.

"Sementara itu, untuk peraturan tahun ini saya juga dilibatkan dari Pihak UPTD Bina Marga sebagai Tim Verifikasi terkait segala pembangunan di tiap Desa di beberapa wilayah yakni Kec. Pasawahan, Pondoksalam, Kiarapedes, Wanayasa dan Bojong. Bahkan, menyangkut Jalan Nangerang-Sindangpanon via Sindangsari, Kades Sindangsari seringkali telephon ke saya dan menanyakan hal yang sama, kapan Jalan tersebut bakal dilakukan perbaikan oleh Pemkab Purwakarta”, pungkasnya. (Herman

Thu, 17 May 2018 @20:11