Wartawan Jateng Deklarasikan Pilkada Dami

image

Semarang.Borgol.Com-Bertempat di Hotel Vina Haose Semarang  Selasa (13/2/18) Puluhan Jurnalis  dari berbagai media di Jawa Tengah  menyatakan sikap untuk mengawal Pemilukada damai yang akan di gelar serentak pada 2018 ini.

Ada 4 poin pernyataan sikap Jurnalis Jateng  yang di bacakan  secara bersama –sama yang  di pimpin oleh Agus Hermanto dari Jurnalis Indosiar yakni .

1.Mendukung  suksesnya Pilkada serentak tahun 2018.yang aman,damai,dan kondufsif dengan mengedepankan pemberitaan sesuai  kaedah Jurnalistik.

2.Mendukung Polda Jawa Tengah dan jajaran menciptakan serta menjaga situasi Kamtibmas  yang kondusif baik sebelum,pada saat,ataupun setelah pelaksanaan Pilkada.

3.Menyajikan berita yang menyejukan terkait pelaksanaan Pilkada serentak 2018 kepada Masyarakat.

4.Bersama-sama  tetap menjaga kerukunan dan ketentraman,tidak mudah terprovokasi isu-isu  sara dan berita Hoax yang di gunakn untuk kepentingan golongan guna memecah belah kesatuandan persatuan Bangsa.

Damar Sinuko Jurnalis Trans 7 yang juga merupakan perwakilan dari Jurnalis Unit Polda Jateng mengatakan, Bahwa terkait Pilkada khususnya di Jawa Tengah ini pada dasarnya  semua jurnalis sepakat untuk  membuat suasana  menjadi kondusif.

“Seiring dengan akan di selengarakanya Pilkada serentak di tujuh kabupaten/Kota di Jawa Tengah secara pribadi maupun mewakili temen-temen secara keseluruhan sepakat , kususnya yang di lapangan kami jamin tidak akan terkontaminasi  dengan masing-masing kubu paslon”ujar Damar.

Untuk itu lanjut Damar Ia meyakinkan ,bahwasanya  dari  temen –temen Jurnalis  tetap menjunjung tinggi  persaudaraan  dan perdamaian.”memang  dari pihak  Media  sendiri ada penugasan untuk menempel di masing-masing  paslon A maupun paslon B namun yakinlah  apa yang di sampaikan adalah benar-benar Netral,”tandasnya.    

Sementara itu Kapolda Jateng  Irjen Pol Condro Kirono mengapresiasi langkah  para Jurnalis  yang  mendeklarasikan Pilkada Damai ini,kata dia Jurnalis berperan sangat besar dalam ikut menciptakan suasana  aman,damai dan kondusif.

“Di tahun  2018 ini merupakan tahun politik konstelasi parpol maupun pendukungnya  bakal memanas ,masyarakat akan terpecah dalam menentukan pilihanya maka  makin keruh tidaknya situasi politik akan di pengaruhi peran positif dari media  massa.”kata Condro .

Untuk itu Condro berhrap  pada semua  Jurnalis khususnya  di Jateng  untuk bisa menyajikan berita-berita yang sesuai kode Etik Jurnalistik, profesional dan menyejukkan sehingga  pemilukada damai ini bisa terwujud .**Tomo  

 

Wed, 14 Feb 2018 @09:17