Tanjabbarat Panen Perdana Ikan Toman Di Desa Pematang Buluh Kec.Betara

image
BETARA.BORGOL.COM
Bupati Tanjung Jabung Barat DR. Ir. H. Safrial, MS bersama jajaran Forkompimda melakukan Panen Perdana Ikan Toman di Dese Pematang Buluh, Kecamatan Betara, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Selasa (11/4/17).
 
Panen ikan air tawar itu hasil budidaya keramba Kelompok Tani Papadaan Desa Pematang Buluh BinaanDistrik I PT WKS, yang mana bibit diperoleh dari Bantuan Community Devlopmen CSR dan PT WKS dalam bentuk Program Budidaya Ikan Toman sebanyak 13 keramba dengan bibit 4.500 ekon benih ikan.
Turut mendampingi Bupati melakukan panen, Kapolres Tanjabbar AKBP Agus Sumartono, SIK, SH, MH, Dandim 0419/Tanjab Letkol Arh Hary Sassono Utomo, SH, Kadis Perikanan Ir. H. Zabur Rustam, Kepala Bappeda Ir. H. Firdaus Khatab, MM, Camat Betara Wawan Irawan, SST, Direktur PT WKS, direktur CSR PT WKS Ir. Selamet Irianto.
Dalam sambutannya, Bupati Safrial mengatakan merasa bangga melihat hasil panen ikan Toman di keramba yang di budidaya oleh Poltan Papadan. Demikian juga terimakasih Bupati apresiasikan kepada PT WKS.
“Setelah kita lihat panen tadi, hasilnya cukup luar biasa. Maka saya katakan, apapun bisa kita lakukan di bumi Tuhan. Kalau kita serius mengelola ikan ini, pasti berhasil bahkan desa ini terkenal, rajin kita kerja pasti memberikan hasil” ujarnya.
Bupati mengajak masyarakat Pematang Buluh untuk terus mengembangkan usaha budidaya ikan tersebt. Berharap kedepan, panen ini terus ada, jagan sebatas hari ini. Sehingga kedepan Desa Pematang Buluh menjadi sentral produksi ikan Toman di Kabupaten Tanjabbar.
Selain itu, Bupati juga menginginkan bisa dikembangkan lagi jenis ian tawar yang sangat identik dengan rawa yakni ikan Gabus (Ruan red). Pasalnya di luar negeri rumah sakit banyak yang membutuhkan ikan tersebut, karena ikan ini sangat baik bagi mereka yang menjalani penyembuhan pasca opersi.
Kepala Desa Pematang Buluh Kamaruddin, mengucapkan terima kasih kepada Pemkab yang memberikan perhatiannya. Desa ini dulunya tertinggal, sekarang sudah berhasil. Itu semua berkat perhatian serius Pemkab. Demikian juga kepada PT WKS, dengan adanya keramba ikan, menambahkan penghasilan kepada masyarakat.
Kades berharap Pemerintah Daerah Tanjabbar dalam Hal ini Dinas Perikanan dapat membina masyarakat dalam melakukan inovasi pengolahan pemijahan pembibitan ikan, sehingga bisa menekan harga beli bibit. Demikian pula dan Dinas KUKM dan Disperindag dapat memfasilitaori pemasarannya. “Hal itu bertujuan untuk pemasaran dan meningkatkan harge jual ikan Toman ini bisa terus berlangsung buka sesaat saja,” harapnya.
Sementara Ketua Poktan Papadan Zainal menjelaskan, Poktan Papadan berjumlahkan 13 KK. Ikan Toman ini kata dia merupakan jenis ikan di air tawar yang memang cocok di perairan Desa Pematang Buluh.
“Yang kita panen ini umur 17 bulan, berat mencapai 2 kg hingga 3 kg, Harga ikan Toman sendiri berkisar Rp 35 ribu perkilogramnya ambil ditempat,” ujarnya.

Usai melaksanakan panen Bupati dan jajaran FKPD melakukan bakar ikan bersama**Adi/fe

Sat, 15 Apr 2017 @08:17