Menuju Desa Penjalin ASRI

image

 

KENDAL,BORGOL.COM _ Desa Penjalin yang berada di wilayah Kec.Brangsong Kab.Kendal terletak di wilayah paling selatan. Dengan jumlah penduduknya yang tergolong kecil, di bandingkan dengan desa yang lain yaitu kurang lebih 2011 orang dalam kepemimpinan pemerintahan Kades Suwondo di awal tahun 2017 telah melaksanakan pembaharuan reorganisasi.

Diantaranya adalah pembaharuan dan pemilihan Ketua RT dan RW,  pemilihan LPMD, dan Pembentukan Karang Taruna Desa Penjalin yang selama ini pasif. alhamdulillah sudah terbentuk semua.

Masyarakat desa Penjalin sangat senang dan semangat untuk berjuang demi kemajuan desa penjalin. pak lurahnya baru, tokoh masyarakatnya baru, ini membuat semangat untuk membangun desa.

 Belum lama ini tanggal 20 Januari 2017 Pemerintahan Penjalin telah melaksanakan MUSRENBANGDES yaitu musyawarah Pembangunan Desa untuk tahun 2018 dengan tema adil dan merata, demi kemajuan desa penjalin.

Untuk tahun 2017 Ds.Penjalin mendapatkan dana DD dan ADD kurang lebih 1.1 miliar, itu akan memudahkan pemerintah penjalin melaksanakan program-program pembangunan yg ada di desa, terutama untuk pembangunan, infrastruktur jalan, penerangan jalan itu yang diutamakan ,demi kelancaran jalan wilayah yang bersih dan nyaman.

“Dan untuk tahun ini, kami juga akan melaksanakan program dari pemerintah yaitu program KOTAKU ( kota tanpa kumuh ) dan menjadikan desa penjalin desa yang ASRI ( Aman Sehat Ramah dan Indah )”, terang kades desa Penjalin Suwondo.

Sedang untuk pengadaan air bersih di desa Penjalin sudah ada PAMSIMAS ada dua (2) dan tahun ini untuk meningkatkan pelayanan air bersih, insya Allah akan di tambah satu lagi. itu demi untuk masyarakat penjalin wilayah atas yg airnya kurang lancar, agar lebih lancar lagi dalam menerima air Bersih, tambahnya.

Dan untuk tahun ini Pamsimas penjalin akan menjadi milik masyarakat desa, karena akan di tuangkan dalam BUMDes ( Badan Usaha Milik Desa ). alhamdulillah, pembebasan jalan Tol untuk wilayah penjalin semuanya 99% setuju, dalam bulan febuari nanti akan di lakukan pembayaran ganti rugi.

Masyarakat penjalin diuntungkan dengan penggantian ini dan saya sebagai kades Penjalin siap membantu dan mengamankan Pembangunan jalan tol, karena merupakan program pemerintah dalam pembangunan jalan bertaraf Nasional.

“Saya sebagai kades penjalin merasa yakin dan berusaha, bahwa dalam 3 – 5 tahun kedepan penjalin akan lebih indah dan maju desanya. tentunya tak lepas dari peran tokoh masyarakat, BPD, RT,RW, LPMD dan KPMD dan itu yang menjadi target saya,dlm memimpin desa penjalin”, tegas Suwondo.

Saya sebagai kades yang baru, punya target dalam 2 – 3 bulan ini, harus ada perubahan ,yang pertama adalah meningkatkan kinerja dan kedisiplinan perangkat desa. alhamdulillah pemerintahan penjalin saat ini telah banyak peningkatan. Warga sangat puas.dengan sistem pelayanan, karena setiap minta pelayanan surat menyurat, dan pelayanan yang lain selalu ada,dan siap.

Kami sebagai pelayanan masyarakat desa, siap melayani masyarakat desa Penjalin selama 24jam dan saya mengharapkan kepada semua perangkat untuk selalu di siplin juga tanggung jawab dlm melaksakan pekerjaanya.

“Karena kita sebagai abdi negara dan masyarakat, akan selalu siap untuk melayani dan mengayomi masyarakat desa yang ada di wilayahnya.!!!” demikian kata Kades Penjalin Suwondo saat ditemui pimpinan mediatajam Abah Sulthon di kantornya.**WD

Tue, 31 Jan 2017 @08:16