Ops Zebra Candi Bakal Tindak Tegas 4 Jenis Pelanggaran Lalin

image

REMBANG,BORGOL.COM _ Jajaran Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polres Rembang selama 14 hari  menggelar kegiatan rutin tahunan Operasi Zebra Candi. Pengguna jalan yang kedapatan melakukan pelanggaran kasat mata terancam mendapat sanksi tegas sesuai bentuk dan jenis kesalahan yang dilakukan.

Untuk sasaran ditetapkan pada empat jenis pelanggaran lalu lintas terang AKP Muh Rikha, terdiri melawan arus searah, pengendara sepeda motor tak mengenakan helm, pengoperasionalan kendaraan bermotor pengangkut barang dimuati orang dan termasuk katagori membahayakan keselamatan pengguna jalan lainnya. Ketika terjaring operasi otomatis ditilang oleh jajarannya menyesuaikan jenis kesalahan yang telah dilakukan.

Disinggung porsi penindakan, AKP Mub Rikha akui lebih berat pada pengenaan sanksi hukum dengan prosentase sebanyak 80%, adapun sisanya masing-masing 10% terbagi pada pembinaan dan pencegahan. Pelaksanaan operasi sendiri digelar merata hingga jalan penghubung kecamatan, pasalnya kini juga menyumbang angka tinggi laka lantas yang semula banyak  terjadi di jalur pantura.

Ditambahkan, tujuan dari pelaksanaan Operasi Zebra Candi yang tiap tahun digelar adalah untuk menegakkan dan meningkatkan kedisiplinan pengguna jalan dalam berlalu lintas. Sekaligus diimbau bagi pemilik kendaraan bermotor yang belum punya SIM dan STNK mati agar segera mengurusnya, kemudian saat berkendara wajib menghidupkan lampu kendaraan, pemgemudi kendaraan bermotor roda empat wajib menggunakan sabuk keselamatan serta komplit memasang kelengkapan kendaraan agar terhindar dari sanksi tegas.**Hasan/Sunarto

Fri, 18 Nov 2016 @16:10