BB Sabu dan Ganja Hasil Ungkap Polres Tanjab Barat Dimusnahkan Di Kejaksaan

image

 

KUALATUNGKAL,BORGOL.COM _ Barang bukti Narkoba dan hasil kejahatan lainnya  pengungkapan Polres Tanjab Barat selama akhir tahun 2015 sampai dengan  bulan ini, dimusnahkan setelah memiliki kekuatan hukum tetap (Inkracht) dengan cara dibakar dan belender di Kantor Kejaksaan Negeri Kuala Tungkal, Selasa (01/11/16).

Kapolres Tanjab Barat AKBP Agus Sumartono SIK SH MH membenarkan kegiatan ini, dan diwakilkan kepada Wakapolres Kp. Ilyan Chandra SIp karena ada undangan rapat di Kantor Gubernur bersama Forkompinda Propinsi.

"Shabu Shabu dan Ganja serta barang bukti kejahatan lainnya merupakan hasil ungkap Polres Tanjab Barat selang 10 bulan yang lalu dan sudah ada putusan dari Pengadilan Negeri," jelas Kapolres ketika dihubungi via handphonenya.

Kasus ungkap shabu yang cukup besar selama tahun 2016 Polres yaitu pada awal bulan Maret 2016 seberat 7 Ons ditangkap di pelabuhan Marina,  pada bulan Juli seberat 4 Ons di tangkap di Tungkal Ilir dan pada bulan September seberat 4 Ons di tangkap di pelabuhan Marina.

Disamping itu hasil operasi bersinar (1) dan (2)  barang bukti sebanyak 34 gram shabu dan  ganja 1 kg lebih.

Hasil kejahatan yang lain yang merupakan tindak pidana Curat, Curas, curanmor  cukup banyak dan sudah dipilah oleh pihak kejaksaan mana yang bisa dimusnahkan dan mana yang dikembalikan ke pemiliknya.

Pemusnahan barang bukti ganja dan sabu-sabu dihadiri perwakilan Forkompimda Asisten Pemerintahan H. R. H. R. Gatot Suwarso, SH, MM, Wakapolres Kompol Ilyan Chandra, S.IP, Ketua PN Deni Hendra ST Panduko, SH, MH, Seretaris Dinkes Drs. H. Hasby Assidiqi, dan Unit Intel Kodim 0419/Tanjab Letda Inf M. Lubis.

Menurut pernyataan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Tanjung Jabung Barat Pandoe Pramoekartika, SH,  mengatakan,
Pemusnahan Barang bukti itu, terhitung akhir 2015 hingga 2016 yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap (Inkrah), sesuai Pasal 210 UU Nomor: 8 Tahun 1981 tentang KUHAP. Masing-masing narkotika golongan 1 (satu) jenis sabu-sabu 886,159 gram dan ganja 77,859 gram dengan jumlah 35 perkara.

“Adapun maksud pemusnahan barang bukti ini untuk menyampaikan kepada publik atas proses pelaksanaan dan penanganan hukum dengan tugas pengabdian serta keseriusan dari Kejaksaan Negeri beserta Polres Tanjabbar dalam menangani perkara Narkoba," Terang pria asal Jawa Timur ini.

Selain barang bukti Narkoba, pihaknya juga memusnahkan sejumlah barang bukti lain seperti alat yang digunakan, seperti bong, HP, kamera CCTV, korek api dan lainnya.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Kejaksaan beserta forkompinda yang telah mengacarakan pemusnahan barang bukti ini," pungkas Pamen Lulusan AKPOL 1996 ini.

Mari kita berantas Narkoba dan Kejahatan secara bersama sama guna mewujudkan kabupaten Tanjabbar yang aman dan terkendali.**Adi/fe

Wed, 2 Nov 2016 @17:00