Bupati Abdul Hafidz , Siapkan Tim Pembasmi Pungli

image

REMBANG,KORANBORGOL.COM _ Guna membasmi praktek pungutan liar atau pungli dilingkup pemerintah kabupaten setempat Bupati Rembang Abdul Hafidz menyatakan sedang menyiapkan tim.

Menurut Bupati yang ditemui para pewarta seusai Upacara Hari Santri Nasional di Alun - alun Rembang, Sabtu (22/10/2016) pagi, pungli rawan di seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD), sehingga perlu dicegah dan dibasmi.

“Kita akan membentuk tim pembasmi pungli setelah menerima surat dari Pemerintah Pusat mengenai pemberantasan pungutan liar. Unsur timnya dari mana saja kita masih menanti juklak-juknis,” ujarnya.

Mengenai ancaman bagi aparatur sipil negara yang melakukan pungli, Hafidz mengancam akan memecat ASN yang bersangkutan. Sanksi ini ia sebut berat, sedangkan sanksi ringannya adalah teguran tertulis.

“Sanksinya mulai dari teguran, penurunan jabatan, hingga pemecatan. Penindakan sesuai dengan peraturan pemerintah yang mengatur disiplin PNS,” tandasnya. Ia berjanji melakukan inspeksi ke setiap SKPD guna menertibkan praktek pungutan liar, sekaligus berharap dari masyarakat agar melaporkan kepadanya jika menemui pungli.

“Ikuti saja perkembangannya. Tim pembasmi pungli ini perlu ada mulai dari Pusat sampai Daerah. Kantong-kantongnya; semuanya, tidak ada yang terkecuali. Tidak ada salah satu,” pungkasnya. **SUNARTO

Mon, 24 Oct 2016 @11:35