Banyak Proyek Aspirasi Tidak Transparan Di Grobogan

image

GROBOGAN, BORGOL.COM _ Masyarakat bingung dan bertanya tentang marakya proyek pemerintah yang mulai dikerjakan baik oleh CV maupun Kepala desa. seperti halnya proyek dana aspirasi dari DPRD Kab.Grobogan Jateng yang jumlah anggarannya berkisar 100 juta.

 Dengan Program kerja berupa pembangunan talud, rabat beton, makam dan irigasi, dalam pelaksanaan proyek yang diawali dari nol persen tidak mencatumkan papan nama proyek pengelola baik dari cv maupun desa yang mendapat dana aspirasi.

Kemungkinan yang dikwatirkan para pengelola dana aspirasi takut diburu para oknum yang mencari cari kesalahan proyek, padahal masyarakat setempatpun harus tahu apa dan dari mana sumber dana pembangunan yang sedang dikerjakan oleh para pengelola proyek.

Meskipun takut dicari kesalahannya namun harus tetap transparan dan tak perlu takut bila benar, jika perlu harus disampaikan ke publik dengan papan nama proyek biar masyarakat yang menilai.

Jangan sampai  dikit-dikit masyarakat melapor LSM atau media karena masyarakat bingung mau melapor kemana. seperti yang disampaikan HARTONO dari LSM Aliansi TAJAM DPC Grobogan yang sering mendapat laporan masyarakat banyakya proyek di grobogan yang tidak memakai papan nama.

Seharusnya ketika baru memulai harus dipasang papan nama proyek tersebut untuk memastikan RAB dan anggaran dananya jelas, agar masyarakat melihat langsung bukan dipasang setelah proyek itu selesai,” kemungkinan yang dikwatirkan dikala masyarakat menemukan proyek yang bermasalah takut dibongkar oleh pemerintah Grobogan dan untuk pencairan dana tidak dibayar karena bermasalah, itulah kelemahan para pengelolah proyek yang ada”, ujarnya.

Akhirnya membuat para oknum yang mencari kesempatan untuk menakut nakuti para pengelola proyek baik cv maupun desa. dalam kesalahanya pengelola, masyarakat sendiri sudah banyak yang cerdas karena pada umumnya masyarakat sekitar banyak berpendidikan dan pengalaman.

Apa lagi Dana Desa juga sudah mulai turun, sumber dana bantuanpun mengalir seperti dana ADD,PAD,Aspirasi GUBERNUR, Aspirasi Pemerintah Grobogan dan hasil lelangan Desa yang banyak pendapatan lelangya seharusya sudah bangga para kepala Desa mengapa mesti kurang trasparan.

Lihat saja contoh photo diatas ini bangunan kurang jelas unsur dana dari mana dan siapa pengelola, walaupun sudah baik dalam pelaksanaan tapi sayang tidak jelas unsur dana dari mana. banyak sebetulya bangunan yang kurang transparan tapi pemerintahpun sebetulnya tahu namun dianggapnya selama proyek tersebut tidak tergolong berat maka tak perlu disikapi dan dikaji. **MT.REDI.H

Thu, 11 Aug 2016 @14:24