Kapolda Jateng Resmi Umumkan Hasil Tes DNA Pelaku Bom Bunuh Diri

image

SOLO,BORGOL.COM_ Polda Jateng mengumumkan hasil tes DNA Nur Rohman, pelaku bom bunuh diri di Mapolresta Solo, Selasa (5/7) lalu. Tim Inafis Polda Jateng memastikan ada kecocokan antara DNA dengan sidik jari pelaku bom bunuh diri di Mapolresta.


Dengan demikian bisa dipastikan bahwa pelaku bom bunuh diri adalah Nur Rohman, warga Sangkrah RT 01 RW 12, Pasarkliwon, Solo.

Kapolda Jateng, Irjen Pol Condro Kirono, dalam keterangan pers di Mapolresta Solo mengatakan Nur Rohman selama ini telah menjadi buron kasus terorisme.

"Ada kecocokan sidik jari dan hasil tes DNA yang kita lakukan. Dari pemeriksaan finger print diketahui bahwa pelaku bom bunuh diri itu identik dengan salah seorang buron kasus bom Bekasi," ungkap Kapolda, Senin (11/7).

Kapolda mengatakan kepastian tersebut juga diperkuat oleh pengakuan istri Nur Rohman, saat dipanggil ke Mapolresta usai kejadian. Dia mengakui bahwa pelaku adalah suaminnya.

"Kami pastikan lagi dengan pengambilan antemortem dengan sampel kedua anak biologisnya. Dari hasil tes DNA dipastikan bahwa 99,9 persen pelaku adalah Nur Rohman," tegasnya.

Kapolda menambahkan, pada hari ini jenazah Nur Rohman akan diserahkan kepada keluarga untuk makamkan. Namun pihaknya masih menunggu keluarga Nur Rohman untuk datang ke RS Bhayangkara Semarang.

Saat memaparkan hasil tes DNA, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono didampingi Kapolresta Solo Kombes Pol Ahmad Lutfi, dan Komandan Korem 074/Warastratama Kolonel Inf Maruli Simanjuntak

Kapolda juga memastikan, meski pelakunya sudah meninggal dan proses hukumnya berhenti namun petugas tetap melanjutkan penyidikan terkait jaringan yang terlibat.

Salah satunya terkait bukti satu unit sepeda motor matic warna hijau dengan nomor polisi AD 6136 HW. Informasi yang berkembang motor tersebut milik salah satu warga Boyolali namun sudah digadaikan pada pihak lain hingga beberapa orang.

“Dari barang bukti kepemilikan motor akan terus kita kembangkan,” lanjut Kapolda Condro Kirono.**SONY/WD

Mon, 11 Jul 2016 @21:33