Lewat Bhabinkamtibmas Kasat Lantas Polres Grobogan Ajak Warga Tertib Berlalulintas

image

GROBOGAN, BORGOL.COM – Polres Grobogan melalui satuan Lalu-lintas Resor Grobogan menggandeng petugas bhayangkara pembina keamanan ketertiban masyarakat (bhabinkamtibmas) atau polisi yang ditempatkan di desa menjadi ujung tombak sosialisasi keamanan berkendara.

Kasat Lantas Polres Grobogan AKP Nur Cahyo menyampaikan pada para bhabinkamtibmas pagi tadi, Rabu (11/5/2016) di Aula Jananuraga. “Kami terus berupaya menekan kecelakaan dengan menyadarkan masyarakat agar menjadi pelopor keselamatan berkendara. Kami harus masuk ke desa-desa, pertemuan RT, RW, dan kelurahan,” kata Ajun Komisaris Polisi Nur Cahyo SH SIK.

Kini pihaknya sudah mulai masuk ke masyarakat mengerahkan bhabinkamtibmas. Bekerja sama dengan aparat desa, lurah, kades, camat. Nantinya polisi akan melakukan sosialisasi ke pertemuan RT, RW dan desa.

Kasat Lantas meminta, bhabinkamtibmas untuk meneruskan pada warga binaanya tentang larangan keras bagi pengemudi truk atau kendaraan pikap atau bak terbuka yang digunakan untuk mengangkut penumpang.

Menurutnya kendaraan bak terbuka berbahaya bagi keselamatan penumpang, dan tidak sesuai dengan kegunaan dan fungsi dari kendaraan tersebut. Nur Cahyo mengatakan, apabila larangan tidak diindahkan, petugas akan memberikan sanksi tegas terhadap pengemudi.

Larangan mobil bak terbuka digunakan mengangkut orang sudah tertuang dalam Pasal 303 dan UU No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Sebab, kata Nur Cahyo, truk atau pikap apabila digunakan untuk angkut orang sangat mengancam keselamatan penumpang. Serta berisiko kecelakaan dengan banyak korban.

"Sekali lagi," kata Nur Cahyo, "kami minta tolong para khabinkamtibmas untuk meneruskan larangan ini kepada warga. Jangan dianggap remeh dan tetap harus menjadi perhatian demi keselamatan bersama," pintanya.

“Kita tidak kenal lelah untuk terus masuk ke seluruh pelosok mengajak masyarakat berperilaku di jalan yang santun, aman, dan selamat,” tandas Kasat Lantas.**MT REDY / JT

Fri, 13 May 2016 @08:04