Ikadin Jateng Gelar Pelantikan dan Pengangkatan Advokat

image

SEMARANG,BORGOL.COM_Bertempat di Hotel Pandanaran Semarang, Sabtu (19/03/2016) pagi, Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) Jawa Tengah menggelar pelantikan dan pengangkatan Advokat.

Sekjen DPP Ikadin, Zulkifli Nasution, mengatakan jika seorang advokat harus memperhatikan lima poin penting dalam kinerja. Yaitu membangun intelektual, mengasah skill, membangun cara berkomunikasi, membangun relationship serta memperkuat organisasi tempat bernaung (ikadin).

"Advokat yang tergabung dalam Ikadin ini harus menjadi advokat yang memahami profesinya, memahami status penegak hukum sehingga harus mampu menjalin hubungan dengan penegak lain di dalam penegakan sistem hukum terpadu," ungkapnya. 

Ketua DPD Ikadin Jateng HM.Rangkey Margono,SH,MH mengucapkan selamat kepada 88 advokad yang dilantik serta memberi wejangan agar para advokad ini bisa bekerja secara profersional dan bijaksana dalam menjalankan tugas.

Rangkey juga mengingatkan bahwa Ikadin akan menindak tegas bagi anggota-anggotanya  yang tidak sesuai dengan aturan yang berlaku.  

Sementara itu Sekretaris Ikadin Jawa Tengah, Mochamad Rofian, menyebutkan pelantikan dan pengangkatan advokat kali ini diikuti oleh sebanyak 88 orang advokat Ikatan Advokat Indonesia.

Selain untuk melaksanakan amanat Undang Undang 18 tahun 2003, kegiatan ini juga sebagai persyaratan sebelum menjalankan profesinya sebagai advokat.

"Setelah diadakan pelantikan dan pengangkatan advokat oleh Ikadin Jateng nanti para advokat juga diambil sumpah dan janjinya terbuka di Pengadilan Tinggi Jawa Tengah hal itu wajib diikuti seluruh advokat sebelum menjalankan profesinya sebagai advokat," lanjut Rofian.

Acara pelantikan pagi itu diawali dengan doa bersama yang dipimpin oleh Abah Sulthon pengasuh Ponpes Al-Manshuriyah Sendangguwo Semarang yang juga ketua LSM Aliansi Tajam.

Dr. Suratno, SH, MH. yang mewakili Kejaksaan dalam sambutannya menyampaikan, kepada anggota Ikadin yang telah dilantik agar menjadi advokat yang mematuhi aturan kemudian belajarlah berbagai macam bahasa, nikmat segala prosesnya dan suatu saat para advokat bisa menjadi advokat yg profesional.

Sedang perwakilan dari Pemerintah Kota Semarang mengungkapkan, jika Pemerintah Kota Semarang akan memberika bantuan dana sebesar 3 juta untuk masyarakat tidak mampu yang sedang membutuhkan bantuan perlindungan hukum.**Salomo / Faris

Sat, 19 Mar 2016 @18:00