Bupati Hafidz : Petani Rembang Harus Optimis Mampu Raih Target Panen

image

REMBANG,BORGOL.COM_Petani Rembang harus tetap optimis akan mampu memncapai target yang diberikan pemerintah pusat, meskipun hasil panen tanaman padi tahun ini kurang maksimal. Pemerintah pusat menargetkan kabupaten Rembang untuk menghasilkan padi 251.741 ton pada tahun 2016.

Demikian disampaikan Bupati Rembang Abdul Hafidz dalam acara panen raya yang digelar di balai desa Japerejo kecamatan Pamotan pagi tadi. (17/3 ).

Abdul Hafidz mengatakan, hasil panen yang menurun akibat cuaca yang kurang mendukung dan  tentu akan ada solusinya. Didukung dengan bantuan yang diberikan oleh pemerintah pusat dengan luasan 5000 hektar dan teknik tanam jajar legowo tentu dapat mendorong tercapainya terget tersebut. 

Indikasi tahun ini akan sedikit kualahan untuk mencapai target panen komoditas padi sudah terlihat pada hasil ubinan dalam panen raya kali ini. Meskipun tidak sampai merugikan petani, namun hasilnya menurun dari musim sebelumnya.

Sementara Ketua kelompok tani manunggal II desa Japerejo kecamatan Pamotan, Djarum mengatakan, hasil panen kali ini menurun karena pengaruh cuaca yang tidak stabil. Banyak tanaman padi yang diserang jamur pucuk leher. Meskipun penyemprotan fungisida sudah dilakukan namun penurunan produksi padi tetap tidak dapat dihindari. Kurang lebih 30 persen tanaman padi terserang jamur tersebut. 

Sebenarnya, kondisi lahan di wilayah Japerejo sudah cocok untuk ditanami padi benih Ciherang. Kendala hanya karena kondisi cuaca saja.

Dalam panen raya disampaikan analisa usaha berdasarkan hasil ubinan. Gabah kering panen hasil ubinan sebanyak 8,08 ton perhektar jika diuangkan akan memperoleh Rp.26,6 jutaan. Sementara biaya produksi menelan Rp. 15,8 jutaan. Sehingga perolehan keuntungan Rp. 10,8 jutaan.**NARTO/JY

Fri, 18 Mar 2016 @08:43