Deklarasi Damai Pelajar SMA Se- Kota Semarang Sepakat Tiadakan Tawuran

image

SEMARANG,BORGOL.COM_ Apel Deklarasi Damai dalam rangka meniadakan tawuran antar pelajar Kota Semarang digelar di lapangan Mapolrestabes Semarang, Kamis (21/1/2016). Dalam apel tersebut diikuti 1.200 siswa siswi tingkat SMA/SMK/MA se-Kota Semarang , para Kepala Sekolah dan350  guru dariperwakilansekolah masing-masing.

Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Burhanuddin menyampaikan, seluruh pelajar di Kota Semarang harus bisa menjadi teladan dengan berperilaku baik, tidak melakukan tawuran, apalagi melakukan penyalahgunaan narkoba dan sex bebas.

“Kami berharap para pelajar sebagai generasi penerus bangsa tidak mudah terpengaruh pada paham radikalisme,” ujar Burhanudin kepadaBorgol.com usai pelaksanaan apel deklarasi damai.

Pihaknya akan menindak tegas terhadap semua pelanggar, termasuk para pelajar yang  melakukan tindak kriminal. 

“Kami akan terus mengadakan operasi-operasi untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan, terutama yang dekat dengan pelajar,” kata dia.

Burhanudin menyatakan, tidak hanya siswa saja yang harus menciptakan suasana damai. Namun para guru dan instansi terkait juga harus ikut menjaga ketentraman, keamanan dan  kenyamanan dalam proses pendidikan dengan meningkatkan rasa kekeluargaan antar pelajar dan menghilangkan rasa dendam.

Dalam kesempatan tersebut juga dibacakan yel-yel dan ikrar pelajar supaya menjauhi tawuran, narkoba dan paham radikal yang akhir-akhir ini sangat meresahkan.

Sementara itu di tempat yang sama Kepala Diknas Kota Semarang Bunyamin,MP,d menambahkan ,membuat Siswa pandai dan berprestasi itu penting  dan harus di upayakan ,akantetapi yang lebih pinting dari itu  kata dia adalah mengantarkan anak-anak tersebut memiliki kepribadian ,karakter yang bagus.

 “memiliki kepribadian dan krakter yang bagus itu jauh lebih pinting  karena dengan itu mereka akan bisa berekpresi dan akan jauh lagi berprestasi oleh karenanya kegiatan hari ini jadi bagian yang tidak terpisahkan dari pemerintah kota melalui Dinas Pendidikan yang bekerja sama dengan semua pihak termasuk Polrestabes untuk menciptakan suasana damai dan kondusif utamanya di Kota Semarang tercinta ini “ ungkapnya.

Dengan di selenggarakan acara deklarasi damai bagi para Siswa tersebut Kadiknas berharap  bisa menciptakan suasanan damai dan bisa membantu suasanan nyaman bagi masyarakat,”adek-adek kita ini harus bisa membantu menciptakan suasana kedamaian di tengah tengah masyarakat karena kalau anak –anak didik saya ini terjadi pertengkaran,tawuran ,masyarakat tidak nyaman ,suasana tidak damai ,masyrakat terganggu tentu ini akan menjadi persoalan oleh karenanya sekarang semua pihak bergabung melalui forum komunikasi pelajar,guru ,kepala sekolah,diknas,polres ,dari kodim ,koramil satpol,kesbangpol itu juga bersama-sama kita “jelasnya .

Saat di singgung megenai apa sangsi/pelanggaran bagi siswa yang terlibat tawuran dan lainya Kadiknas menyampaikan ,aturan tata tertib yang ada di setiap sekolah itu menjadi ukuranya dan harus di junjung tinggi namun yang lebih penting tambah kadiknas adalah upaya edukasi bagi mereka  Supaya anak-anak bisa memahami dan tidak mudah terpengaruh  untuk melakukan  hal yang tindakan baik.pungkasnya  **uut

Sat, 23 Jan 2016 @13:36