Presiden Jokowi Meninjau Proyek Rel Kereta Makassar Manado

image

Makassar-Koran Borgol.com _Presiden RI, Joko Widodo, berkunjung ke Makassar dalam rangka menghadiri Musyawarah Nasional Asosisi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia serta meninjau proyek pembangunan rel kereta api yang menghubungkan Makassar hingga Manado, Sulawesi Utara, di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

 "Diharapkan tahun 2018 rel KA ini tersambung dan beroperasi," kata Presiden Jokowi kepada wartawan usai meninjau proyek Rel KA Trans Sulawesi di Kabupaten Baru Sulsel, Rabu (25/11/2015).

Menurut Presiden, semua patut bersyukur karena konstruksi rel KA dari Makassar ke Parepare dan nanti ke Manado sudah mulai terlihat. 

"Memang saat ini baru mencapai enam KM, tapi kita berharap tahun depan ke Pare-Pare sekitar 145 KM terealisasi. Tahun depan juga mulai dibangun dari Manado ke sini," terang Presiden.

Progres proyek KA itu sesuai dengan rencana. Ini akan tersambung dengan Makassar New Port dan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin di Makassar. Presiden juga menyebutkan, selama pekerjaan konstruksi, telah ada penyerapan tenaga kerja yang cukup banyak karena sudah dipesan ke Ditjen Perkeretaapian agar menyerap banyak tenaga kerja.

 "Nanti dioperasikan oleh PT KAI juga kita minta agar disiapkan dari masyarakat sekitarnya. Manajemen dan karyawan semua dari masyarakat daerah sekitarnya," kata Jokowi.

Usai meninjau proyek rel kereta api, Jokowi dan rombongan menyambangi Rumah Makan Raja Muda di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.

Saat turun dari mobil, Jokowi nampak mengenakan kemeja putih yang dipadankan celana hitam.

Sementara Ibu Negara mengenakan baju berwarna oranye lengan panjang yang nampak pas melekat di badannya. Usai menyantap hidangan, Jokowi sempat keluar di halaman restoran menyapa warga Pangkep yang histeris sejak awal kedatangannya.

Suatu hal yang luar biasa bagi Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) Pangkep ini kedatangan Jokowi beserta rombongan di rumah makannya.

"Tentunya suatu hal yang sangat membanggakan, orang nomor satu di negeri ini makan di tempat kami," ungkap Abdul. Pihak RM telah menyiapkan kedatangan Jokowi selama kurang lebih dua minggu. Pembenahan di sana sini dilakukan demi totalitas penyambutan Presiden. **M.Yasir / H.Jamaluddin T

Thu, 26 Nov 2015 @09:42