Bahas Peran Jaksa Tentang Perkara Perdata dan TUN Kejari Tanjabbarat Gelar Pers Gathering

image

JAMBI, BORGOL_Dengan Tema membahas pemahaman Insan Pers atas Peran Kejaksaan pada Perkara Perdata dan Tata Usaha Negara (TUN), Kali ini Kejaksaan Negri Kuala Tungkal Provinsi Jambi, untuk yang kedua kalinya mengadakan Jumpa Pers dengan Rekan-rekan Media Dan LSM di Gedung Balai Pertemuan Kejaksa'an Negri Kuala Tungkal Kabupaten Tanjung Jabung Barat Selasa (10/11).

Acara Pers Gathering kali ini, di hadiri oleh Kajari,Pandoe Pramoe Kartika dan seluruh Kasi di lembaga Adhiyaksa ini, dengan Undangan yang hadir rekan-rekan Media Harian, Mingguan, Online, dan LSM Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Kepada Rekan Media dan LSM dipersilahkan untuk menyampaikan aspirasi dan pertanyaan masing-masing yang sesuai tema kali ini yang akan di jawab oleh Kajari dan Kasi sesuai bidang dalam pertanya'an.

Semenata itu, Kajari Kuala Tungkal Pandoe Pramoe Kartika menjelaskan bahwa Peran Jaksa tidak hanya mengurusi soal Pengusutan kasus tindak pidana Umum dan  Koropsi saja,akan tetapi juga termasuk pada pertimbangan Hukum,Pelayanan Hukum bagi Masyarakat,BUMN serta Instansi Pemerintah.

Sebagaimana yang di atur dalam UU Nomor 16 Tahun 2014,yang mana Jaksa tidak hanya mengurusi soal tindak pidana Umum dan Korupsi saja, bahkan sebenarnya ada peran dang fungsi Jaksa dalam memberikan pertimbangan Hukum dan Instansi Pemerintah Lainnya.

"Jaksa Bukan hanya mengusut kasus tindak Pidana umum dan korupsi saja,tapi kejaksaan juga bisa menjadi Lembaga Pendampingan dan pertimbangan hukum bagi instansi pemerintah.seperti contoh baru-baru ini yang mana Jaksa mendampingi pertimbangan Hukum atas Gugatan perdata Oleh Pihak Rekanan kepada Dinas PU Tanjabbarat di Pengadilan Negri Kuala Tungkal Kabupaten Tanjung Jabung Barat." Ungkap Kasi Pidum.

Selain Peran Jaksa dalam mengusut kasus Pidana Umum Korupsi,memberikan pertimbangan Hukum dan Pendampingan dalam pertimbangan Hukum,Lembaga Adiyaksa Juga mempunyai peran dalam menyelamatkan Uang Negara.

"Lembaga Adiyaksa bukan hanya mengusut kasus tindak pidana Umum,korupsi,dan memberikan pendampingan pertimbangan hukum saja,Lembaga Adiyaksa ini juga berperan dalam menyelamatkan Uang Negara."Jelas Elan Kasi Intel pada awak Koran Borgol.**Ahmadi

Mon, 16 Nov 2015 @12:19