Mapolda Jateng Kebakaran, Puluhan Tahanan Di Evakuasi

image

SEMARANG,BORGOL.COM _Sekitar pukl 11.20 WIB siang tadi Markas Polda Jawa Tengah di Jalan Pahlawan Kota Semarang, terbakar. Titik api muncul dari sekitar Aula Mapolda Jateng.

Api langsung membakar Gedung Direktorat Intelijen Keamanan dan Gedung Biro SDM. Kobaran api yang cepat membesar itu meluluhlantakkan gedung berlantai tiga tersebut. Hingga pukul 13.45 kobaran api masih terus dipadamkan

Sekitar 11 mobil unit pemadam kebakaran dari Pemerintah Kota Semarang dan bantuan Pemerintah Kabupaten Semarang dikerahkan. Ruang yang terbakar di Gedung B meliputi Ruang Intelijen dan Keamanan, Ruang Inspektur Pengawasan Daerah, Ruang Keuangan, Ruang Aula, Ruang Perencanaan dan Pengembangan, sebagian Ruang Propam Subdirektorat Profesi serta Ruang Personalia dan SDM Polda Jateng.

Beberapa saksi menuturkan, kebakaran yang belum jelas penyebabnya itu diduga berasal dari salah satu bagian di ruang lantai II. Saat itu, di lokasi sama di Ruang Aula sudah selesai pertemuan pimpinan dan staf Humas Polda Jateng.

"Begitu ada teriakan kebakaran, seluruh peserta pertemuan itu langsung lari, keluar ruangan menyelamatkan diri," ujar Ajun Komisaris Besar Polisi Kartuti dari Humas Polda Jateng.

Saat itu juga, kepanikan melanda ratusan personel yang berkantor di gedung tersebut. Gedung B yang persis di belakang gedung utama Kantor Kepala Polda Jateng langsung diblokir.

Petugas mengerahkan dua mobil watercanon untuk menyemprot jembatan penghubung kedua gedung itu, supaya api tidak menjalar ke gedung utama. Sesaat kemudian disusul datangnya puluhan mobil pemadam kebakaran.

Para personel dan karyawan di Gedung B maupun di Gedung Utama langsung meninggalkan ruangan. Mereka menyelamatkan diri ke luar kompleks markas polda terutama di tepi jalan sepanjang Jalan Pahlawan maupun di lapangan upacara markas polda.

Sementara itu menurut Kepala Bidang Humas Polda Jateng Komisaris Besar Polisi Lilik Darmantoi, saat kejadian kebakaran itu, dirinya bersama Kepala Polda Jateng Inspektur Jenderal Nur Ali berkunjung ke Kabupaten Boyolali.

"Soal penyebab kebakaran itu masih akan diselidiki. Namun, yang jelas, kebakaran tidak sampai menimbulkan korban personel maupun karyawan sipil di mapolda," terang Lilik.

Karena kebakaran ini, lebih kurang 60 tahanan titipan dari sejumlah Direktorat Narkoba, reserse umum, dan lainnya yang menempati sejumlah sel di gedung sebelah barat yang terbakar, dievakuasi.

Upaya pemindahan para tahanan dilakukan, mengingat ruang tahanan juga dipenuhi asap meski gedungnya aman. Para tahanan itu dipindahkan tersebar ke sejumlah polsek di Kota Semarang dengan pengawalan petugas. **ED/SEF

 

 

Wed, 30 Sep 2015 @17:59