Kejati Jateng Tahan Tersangka Korupsi Pasar Temanggung

image

Foto :Kejati Jateng Hartadi memberikan keternagan Pers dan tersangka saat di giring ke Mobil untuk  dilakukan penahanan di Lapas Kedungpane Semarang

Semarang -Borgol.com-Kejasaan Tinggi Jawa Tengah,  resmi menahan tersangka kasus korupsi pembangunan Pasar Kliwon, Temanggung atas nama Alyus Sunaryo. Penahanan tersangka merupakan hasil dari pengembangan salah seorang tersangka lainnya, Budi Suwarno yang perkaranya sudah diputus 2010 lalu. 

Usai menjalani pemeriksaan di ruang tindak pidana khusus, tersangka langsung dibawa petugas kejaksaan menuju mobil tahanan. Tahanan yang mengenakan baju tahanan kejaksaan berwana oranye memilih bungkam saat dimintai tanggapan atas penahanannya.Selanjutnya, tersangka, oleh kejaksaan tinggi Jawa Tengah langsung dibawa menuju LP Kedungpane, Semarang menggunakan mobil tahanan untuk ditahan.

“Dalam putusannya di pengadilan Negeri Temanggung, tersangka Budi Suwarno sebagai pimpinan proyek pembangunan Pasar Kliwon Kabupaten Temanggung, bersama-sama dengan tersangka Alyus Sunaryo telah melakukan tindak korupsi,” jelas Kajati Jateng, Hartadi.kepada Wartawan Di kantornya Jl Pahlawan  Semrang Selasa (14/4/15).

Dari putusan tersebut, lanjut Kejati Jateng telah melakukan pengembangan dan penyelidikan. Atas perbuatannya, tersangka didakwa dengan Pasal 3 jo Pasal 18 Undang-undang Nomor 31 tahun 1999, tentang Tindak Pidana Korupsi.

“Saat itu tersangka yang berposisi konsultan pengawas dari CV Yuda Perkasa tidak melakukan prosedur sebagaimana tugasnya. Dia melegalkan pengeluaran dari sumber APBD Temanggung,” ujarnya.

Atas perbuatan tersangka ini, negara mengalami kerugian hingga  Rp 1 miliar lebih. Dana tersebut diduga masuk ke rekening pribadi tersangka.pungkasnya,**(tom/frin)

 

 

Wed, 15 Apr 2015 @10:38