Komjen Badroddin Haiti Gantikan Komjen Budi Gunawan

image

Jakarta, Borgol.com- Presiden Jokowi resmi mengumumkan batalnya pelantikan Komjen Budi Gunawan sebagai kapolri pada Rabu (18/2). Sebagai gantinya, presiden Jokowi menunjuk Komjen Badroddin Haiti sebagai calon tunggal kapolri yang baru.

Pengumuman itu dilaksanakan setelah gugatan Komjen Budi Gunawan atas status tersangka yang didapatkannya dari KPK atas kasus rekening gendut dikabulkan oleh Pengadilan negeri Jakarta Selatan.

Menanggapi pengajuan Komjen Badroddin Haiti sebagai calon Kapolri baru menggantikan Komjen budi Gunawan, Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon menyatakan, Presoden Jokow harus menjelaskan keputusan tersebut, karena akan mengundang perdebatan. Alasannya, Komjen Budi Gunawan dinyatakan tidak bersalah oleh pengadilan, sehingga secara konstitusional, dia berhak untuk dilantik, bukan malah dibatalkan. “Ini nanti harus dijelaskan di DPR,” ungkap Fadli Zon sebagaimana dilansir republika.co.id.

Sedangkan Komjen Badroddin Haiti tidak menyangka bahwa dirinya akan ditunjuk sebagai calon Kapolri menggantikan Komjen Budi Gunawan. “setelah diumumkan, saya merasa surprise,” ungkap Badroddin.

Sebagai calon tunggal Kapolri yang baru, Komjen Badroddin Haiti akan berjanji akan segera menyelesaikan masalah anatara KPK-Polri. Menurutnya, permasalahan antara KPK-Polri berpengaruh terhadapa banyak sektor, diantaranya rasa aman masyarakat yang seharusnya dijamin oleh aparat penegak hukum.

 

Selain itu, Badroddin juga ingin menyolidkan internal Polri. Sehingga soliditas Polri bisa terjalin sampai di wilayah dan kerja tim bisa terlaksana dengan baik. ***Zae

Sat, 21 Feb 2015 @01:01