Presiden Jokowi Resmi Tunjuk Komjen Pol,Badrudin Haiti Sebagai Plt. Kapolri

image

Foto:salam Komando Komjen Pol, Badrudin Haiti dengan Kapolri Jenderal Pol.Sutarman 

Jakarta – Borgol.Com-Pelantikan Komjen. Pol. Budi Gunawan sebagai Kapolri sudah dipastikan ditunda sampai proses hukum selesai dengan tuntas. Hal ini tertuang dalam surat Keputusan Presiden (Keppres) yang ditanda tangani langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

''Berkaitan dengan Polri, tadi sore saya sudah tanda tangani dua Keppres, pertama pemberhentian dengan horkmat Jenderal Polisi Sutarman sebagai Kapolri. Kedua penugasan Komjen Pol. Drs. Badrarudin Haiti untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab Kapolri,''  kata Jokowi di Istana Negara, Jumat (16/1/15).

Jokowi juga menyampaikan, sejak proses dari seleksi yang dilakukan Kompolnas, Surat DPR RI, kemudian disetujui DPR RI dari hasil paripurna. Berhubung Komjen Pol. Budi Gunawan, sedang menjalani proses hukum. maka menurut dia perlu untuk menunda pengangkatan (Budi Gunawan) sebagai Kapolri.
''Menunda bukan membatalkan. ini perlu di garis bawahi.trimakasi,'' tegas Jokowi


Menanggapi surat keputusan Presiden, Jenderal Polisi Sutarman juga menyampaikan, mulai sejak dikeluarkan dan ditanda tangani oleh Presiden Jokowi mengenai surat pemberhentian pada dirinya sebagai Kapolri, semua program akan dikembalikan dan diterukan oleh Pelaksan tugas (Plt) Kapolri Komjen Pol. Badrudin Haiti.

''Dengan surat bapak Presiden, maka mulai saat ini, detik ini saya melaksanakan keputusan bapak presiden, untuk menyerahkan tugas dan tanggung jawab Kapolri kepada Wakapolri, yang ditugaskan untuk melaksanakan tugas-tugas sebagai Kapolri'' ujar Sutarman

Menurut Sutarman, kenapa diperlukan surat keputusan tersebut.
Karena Kapolri sebagai pengguna anggaran, oleh karena itu setelah semua kegiatan yang telah diterima maka seluruh kegiatan pembinaan operasional kepolisian akan beralih ke Plt Kapolri.

''Jika ada toh seremonial di Polri. Saya memberitahukan semua anggota Polri yang bertugas, operasional, dikendalikan Wakapolri. Oleh karena itu, saya mengajak seluruh jajaran Polri dan masyarakat 
untuk bisa membantu melaksanakan tugas Polri, sesuai harapan dan 
tuntutan masyarakat," pintanya dalam forum berbahagia ini saya ucapkan terimakasih," jelas Sutarman.

Sementara itu ,Wakapolri Komjen Pol. Badrudin Haiti menyatakan kesiapan dirinya menyandang jabatan sebagai Plt untuk melaksanakan wewenang dan tugasnya sebagai Kapolri.''Saya melaksanakan wewenang, menjalankan sebagai kepala Kapolri dan tugas bagian Wakapolri, jika Kapolri berhalangan maka Wakapolri melaksanakan'' ujar Badrudin yang pernah menjabat Kapolwiltabes Semarang  Polda Jateng pada Th 2004 ini **(wito)

Mon, 19 Jan 2015 @06:55