Sepanjang 2014, MK Keluarkan Banyak Putusan Penting

image

Jakarta Borgol.com- Mahkamah Konstitusi (MK) memaparkan kinerja mereka selama tahun 2014. Dalam paparan tersebut Ketua Mahkamah Konstitusi Hamdan Zoelva mengklaim pihaknya sepanjang 2014 telah mengeluarkan putusan-putusan penting yang menurutnya akan berpengaruh di masa mendatang bagi bangsa Indonesia.

"Tahun 2014, Mahkamah Konstitusi mengeluarkan keputusan penting yang dapat mengubah wajah demokrasi mendatang," ujar Hamdan dalam penyampaian kinerja MK 2014 di Gedung MK Jakarta Pusat, Senin (5/1/2015).

Keputusan-keputusan itu di antaranya, putusan mengenai pemilu serentak pilpres dan pileg yang akan dilakukan pada 2019, keputusan ekonomi mengenai badan usaha koperasi, mekanisme pemilihan calon Hakim Agung hingga penyelesaian sengketa pemilu kepala daerah.

Keputusan strategis lainnya yang dikeluarkan MK juga terkait dengan pembatalan Perppu yang dikeluarkan presiden, pembahasan anggaran DPR RI, putusan pengajuan peninjauan kembali yang bisa dilakukan berulang kali, UU tentang Ormas hingga keterwakilan perempuan dalam pemilu dan lembaga pemerintahan.

"Tahun 2014, banyak putusan strategis dan penting yang berpengaruh terhadap demokrasi dan kehidupan kenegaraan Indonesia,"pungkas Hamdan. **(wito)

Tue, 6 Jan 2015 @06:07