Polda Jateng Luncurkan Aksi Keselamatan,Menuju 2015 Indonesia Tertib Berlalu Lintas

image

Foto:Saat Peluncuran Aksi Keselamatan Berlalu Lintas ,oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo,Wakapolda Brigjen Pol,Drs,Slamet Riyadi dan Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Istu Hari Winarto.

Semarang,Borgol.Com-Dalam rangka menekan angka Laka lantas Polda Jateng Luncurkan Aksi Keselamatan 2015 menurut data Sepanjang tahun 2014, Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Jawa Tengah, mencatat sebanyak 16.635 peristiwa kecelakaan lalu lintas di jalan. Rata-rata terhitung dari jumlah tersebut sebanyak enam orang setiap hari meninggal dunia.

Dalam sambutanya Wakapolda Jateng Brigjen Pol,Slamet Riyanto SH, di Dampingi Dirlantas Kombes pol Istu Heri Winarto mengungkapkan, korban meninggal dunia terjadi selama periode per Januari-November mencapai sebanyak 16.635 kejadian laka. Dengan demikian, rata-rata per bulan jumlah laka tercatat ada 180 kejadian.

"Data laka tersebut dapat dilihat ada 21.789 unit sepeda motor yang meninggal dunia dengan sia-sia di jalan," kata dia saat Peluncuran Keselamatan  menuju Indonesia Tertip ,di Depan Kantor  Gubernuran  Jl Pahlawan Semarang, Jateng kemarin.

Menurutnya, jumlah korban meninggal dunia akibat laka itu didominasi usia muda dan produktif. Belum lagi kerugian material yang diderita korban.
Untuk menekan angka itu,Polda Jateng dalam hal ini mengamanatkan kepada Dirlantas Polda Jateng ,untuk meluncurkan aksi keselamatan berlalu lintas tahun 2015 yang bertema "Menuju Indonesia tertib, bersatu keselamatan nomor satu".

Dalam aksi deklarasi keselamatan berlalu lintas, Dirlantas Polda Jateng menggandeng para komunitas, club sepeda motor, pelajar dan organisasi/LSM.
"Kita Wakapolda  ini mendeklarasikan dalam rangka keselamatan berlalu lintas menjadi nomor satu. Kita lestarikan budaya dan sopan santun tertib berlalu lintas," tegasnya.

Ia menegaskan permasalahan lalu lintas di jalan tidak akan ada kunjung habisnya, karena masalahnya kompleks. Bahkan kerap kali dipush media maupun termuat situs internet.
Secara keseluruhan angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia, tercatat sebanyak 85.765 kejadian laka. Dari jumlah tersebut, diantara 26.623 orang meninggal dunia per bulan.

"Dengan demikian, bila diihitung rata-rata sebanyak 2.042 orang meninggal dunia per bulan, 81 orang meninggal dunia per hari, dan tiga orang tewas per jam,"ungkapnya.

Menyikapi hal itu, pihaknya telah melaksanakan dan mendorong kampanye tertib berlalu lintas bersama pihak komunitas, club sepeda motor, dan instansi terkait seperti Kementerian Perhubungan, serta Kementerian Pekerjaan Umum.

Pantauan Borgol.com,Dalam acara deklarasi tersebut ,ikut di hadiri oleh beberapa Pejabat di Jateng yakni,Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ,Kejati Jateng ,TNI, POLRI,Sekda Semarang,Dan Perwakilan  Dishub Jateng .**(tom)

Fri, 2 Jan 2015 @06:44