Polisi Gerebek Penampungan TKW Di Semarang

image

Semarang, Borgol.com- Sebanyak 80 orang calon Tenaga Kerja Wanita (TKW) berhasil dievakuasi petugas Polrestabes Semarang, dari tempat penampungan penyalur tenaga kerja PT Tegar Sukses Abadi Rabu(17/12/2014).

Puluhan calon TKW tersebut langsung diangkut menggunakan dua truk besar yang sudah disiapkan. Perusahaan yang beralamat di Jalan Plamongan Sari Raya, Semarang itu rencananya akan menyalurkan calon
tenaga kerja ke luar negeri, seperti Hongkong, Singapura, dan Malaysia.

Kasat Reskrim Polrestabes Semarang, AKBP Sugiarto mengatakan,penindakan tersebut dilakukan setelah adanya laporan dari salah seorang TKW yang berhasil lolos dari dari tempat penampungan tersebut.Dalam kasus ini, ada delapan orang yang diperiksa, termasuk pengelola yang bernama H. abdullah. , puluhan calon TKW yang didominasi dari berbagai daerah di Jawa Tengah itu Dijanjikan bulan Oktober lalu berangkat, namun kenyataannya sampai sekarang masih di sini.

Sementara, salah seorang suami calon TKW, Martadi mengaku istrinya sudah hampir tiga bulan berada di tempat penampungan tanpa ada kejelasan.

“Istri saya namanya Siti Jubaidah. Katanya mau diberangkatkan ke Taiwan, tapi belum ada kejelasan. Saya juga kurang tau keadaannya di penampungan seperti apa,” ucap pria asal Muntilan tersebut.

Sementara itu,  Ketua Asosiasi Penempatan Asia Pacific DPD Jawa Tengah, Heri Darman mengatakan dari kesepakatan Disnakertrans dan Kepolisian para calon TKI itu akan dipulangkan ke daerah masing-masing. “Apakah mereka mau tetap diberangkatkan atau mau pikir-pikir dulu juga tidak apa-apa,” kata Heri.

Menurut Heri, hingga saat ini pengelola penampungan, H. Abdullah masih berstatus saksi. Heri menambahkan dugaan pelanggaran yaitu pemalsuan dokumen masih didalami kepolisian. Namun pihaknya tetap mengawal dan mendampingi penanganan kasus tersebut hingga tuntas.(uut/frin)

Thu, 18 Dec 2014 @20:57